Pemerintah Umumkan Seleksi CPNS 2023 Bulan April, Formasi Lebih Banyak

Laman pendaftaran CPNS 2022, www.sscasn.bkn.go.id.(sscasn.bkn.go.id)

Timurterkini.comDeputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni mengatakan jika seleksi CPNS tahun 2023 akan dilaksanakan lebih awal yaitu Bulan April.

Ia mengatakan, kalender seleksi telah selesai disusun. Ia menjamin, seleksi akan dimulai lebih cepat dibanding tahun lalu.

Alex Denni menegaskan jika bulan April sudah mulai penetapan formasi. Namun Alex mengungkap jika formasi yang dibuka belum dapat dibicarakan secara terang-terangan

“Sudah ada kalender. Target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu.” kata Alex dikutip Detikcom, Kamis (27/01/2023).

Meski begitu, Alex belum bisa memberikan bocoran terkait kisaran jumlah formasi yang akan dibuka.

“Insyaallah April kita bungkus (jumlah formasi),” katanya.

Terkait prioritas formasi, Alex menyebut bahwa Guru dan Tenaga Kesehatan (Nakes) masih menjadi prioritas utama.

Diketahui, hal serupa juga telah disampaikan oleh Abdullah Azwar Anas selaku Menpan-RB beberapa waktu lalu. Ia menyebut bahwa khusus untuk seleksi CPNS 2023, pemerintah memprioritaskan pemenuhan kebutuhan profesi dan tenaga teknis tertentu, termasuk talenta digital.

“Termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PANRB Nomor 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah,” tutur Anas.