Sungai Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia Ada di Kolaka

  • Bagikan

Kolaka, Timurterkini.com – Mungkin dari kalian pernah bertanya-tanya, di manakah letak sungai terpendek di dunia? Berbeda dengan sungai terpanjang di dunia telah kita kegahui bahwa sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nil yang terletak di Afrika. Terus bagaimana dengan sungai terpendek di dunia.?

Jawabannya adalah bahwa sungai terpendek di dunia terdapat di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Letak desa ini diapit oleh Pegunungan Tamborasi, di sisi teluk Bone. Anda akan melihat lanskap desa yang menawan di sini.

Pendeknya aliran Tamborasi juga mengalahkan aliran Reprua sejauh 27 meter. Reprua yang ada di negara Georgia sebenarnya memang bukan sungai terpendek sedunia. Sungai itu dinobatkan sebagai sungai terdalam sejagat dengan kedalaman mencapai 2.300 meter dan aliran airnya sangat deras, mencapai 2.000 liter per detik, dari mata air di Gua Krubera menuju Laut Hitam.

Keunikan Sungai Tamborasi ini adalah ukuran panjang wisata air yang hanya memiliki sepanjang 20 meter dan lebar 15 meter. Jika dibayangkan, mungkin yang terlintas dibenak lebih cocok disebut danau. Nyatanya, itulah keunikan Sungai Tamborasi, yang kerap disebut sebagai salah satu sungai terpendek di dunia.

Sungai yang juga dikenal dengan nama Tamborasi Kolaka ini memiliki air yang sangat jernih dan berlokasi langsung dengan pantai dan hutan.

Keunikan lainnya adalah suhu air di bagian hulu dan hilirnya berbeda. Pada bagian hulu, suhu air agak lebih dingin, sedangkan di bagian hilir suhunya agak lebih hangat karena langsung bermuara ke Pantai Tamborasi yang berada tepat di sampingnya.

Ketika berkunjung ke Sungai Tamborasi, kita bukan hanya bisa bermain air dan merasakan keajaiban sungai yang berbatasan langsung dengan pasir Pantai Tamborasi. Keindahan alamnya sangat cocok menjadi objek foto dan sangat instagramable karena lokasi terdapat pepohonan rindang yang terbentuk secara alamiah.

Keindahan yang istimewa itu bertambah harmonis dengan dinding tebing dan akar pohon-pohon yang melambai hingga ke dasar sungai, membuat Sungai Tamborasi Kolaka sejuk walaupun berada di pinggir pantai.

Akses sungai terpendek ini cukup mudah dilalui. Dari Kota Kolaka hanya membutuhkan waktu satu hingga dua jam dengan jarak tempuh kurang lebih 90 km melalui perjalanan darat.

Di tengah perjalanan kalian tidak perlu khawatir akan merasa bosan lantaran di sepanjang perjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan gunung.

Sungai Tamborasi juga menyimpan cerita mitos. yang masih dipercaya warga setempat, Menurut warga, jika wisatawan bisa mengikatkan tali pada akar pohon di sekitaran sungai, maka mereka yang jomblo dipercaya akan menemukan jodohnya. Sedangkan bagi yang sudah memiliki pasangan maka hubungannya akan semakin harmonis.

Bagaimana, penasaran untuk mencobanya.??

  • Bagikan