2 Unit Rumah di Kolaka Ludes Terbakar, Korban Mengalami Kerugian Hingga 200 Juta Lebih

2 Unit Rumah di Kolaka Ludes Terbakar, Korban Mengalami Kerugian Hingga 200 Juta Lebih
Aparat Kepolisian bersama Pemadam kebakaran Pemda Kolaka berusaha memadamkan kobaran api. (Dok: Humas Polres Kolaka).

Kolaka, Timurterkini.com – Sebuah rumah di kilometer 16 Kelurahan Sabilambo, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), ludes dilalap api.

Peristiwa tepatnya di jalan poros Kolaka-Kendari ini terjadi pada Minggu (22/01/2023) sekira pukul 20.00 Wita malam, menghabiskan 2 unit rumah warga.

Diketahui Kedua rumah tersebut milik Dg Malang (52) Laki-laki dan Parman (32) Laki-laki.

Kasubsi Penmas Humas Polres Kolaka, Aipda Riswandi, kepada wartawan Timurterkini.com menuturkan kronologis peristiwa menghabiskan 2 bangunan rumah tersebut.

Dikatakan, bermula Rahmatia (47) Perempuan, melayani pembeli bensin, setelah melayani pembeli dan membayar, pembeli tersebut membuat puntung rokok ke dinding papan yang bersebelahan dengan bensin korban Rahmatia.

Saat itu, kata dia, Rahmatia sempat menegur, namun demikian, pembeli tersebut mengatakan tidak menghiraukan dan berdalih bahwa puntung tersebut sudah mati.

Kemudian, lanjut dia, Rahmatia masuk kedalam rumah, tak berselang lama, Rahmatia mendengar suara seperti ban kempes.

“Rahmatia keluar dan melihat api sudah menyala di tempat penyimpanan bensin, Rahmatia berusaha memadamkan api namun api sudah membesar sehingga api menjalar kerumah Parman,” ungkap Aipda Riswandi kepada wartawan Timurterkini.com via WhatsApp, Senin (23/01/2023).

Saat peristiwa itu, korban sempat berteriak meminta pertolongan ke para tetangga, tak lama kemudian, warga berdatangan membantu korban untuk memadamkan api.

“Para tetangga berdatangan membantu untuk memadamkan api, ada pula yg membantu mengeluarkan barang- barang yang bisa diselamatkan,” jelasnya.

Sekira pukul 20.20 Wita, 2 unit pemadam kebakaran milik Pemda Kolaka tiba di Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) untuk melakukan pemadaman api.

Api dapat dipadamkan, lanjut Riswandi, sekira pukul 21.00 atau sekitar 40 menit berada di lokasi peristiwa.

“Akhirnya api bisa dipadamkan setelah 2 pemadam kebakaran menyiram rumah yang terbakar itu,” tuturnya.

Adapun kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah karena beberapa barang milik korban ikut ludes terbakar.

Beruntun, kata Riswandi, peristiwa itu tak menelan korban jiwa. Kendati demikian, beberapa motor dan barang lainnya ikut ludes.

“Saudara Malang mengalami kerugian berupa motor 3 unit, lemari, kulkas, TV, ditaksir kurang lebih  40.000.000, sementara Parman mengalami kerugian, diantaranya motor 8 unit, kulkas, mesin cuci, lemari, peralatan bengkel dan Hp 5, diperkirakan kerugian 200.000.000,” tutupnya.