Regulasi Penentuan Peringkat Jika Tim Memiliki Kesamaan Poin Menuju 16 Besar

Regulasi Penentuan Peringkat Jika Tim Memiliki Kesamaan Poin Menuju 16 Besar
Argentina vs Polandia dan Meksiko vs Arab Saudi di laga terakhir penyisihan Grup C Piala Dunia 2022. Dok: Twitter.com.

Regulasi Penentuan Peringkat Jika Tim Memiliki Kesamaan Poin Menuju 16 Besar

Akhir babak penyisihan di semua Grup Piala Dunia FIFA 2022 makin dekat. Beberapa Grup bahkan telah mengakhiri babak penyisihan di Grupnya.

Jika poin kedua Negara seri, hal ini tak sedikit menjadi perbincangan di kalangan masyarakat, supporter maupun pendukung lainnya.

Menuju babak 16 besar atau fase gugur, masing-masing Grup mulai A sampai H, hanya di wakili 2 Negara, yakni posisi pertama dan kedua.

Misalnya di Grup C, dihuni Argentina, Polandia, Meksiko dan Arab Saudi, terdapat 1 Tim memiliki poin yang sama. Seperti Polandia dan Meksiko, masing-masing mengantongi 4 poin.

Polandia yang kalah dari Argentina 0-2 di Laga terakhirnya, dipastikan lolos ke fase gugur menjadi runner-up di Grup C, dibawah Argentina sebagai Juara Full.

Meksiko yang menang melawan Arab Saudi dengan skor 2-1, justru tersingkir mendampingi Argentina ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Dikutip dari Bola.com. Berdasarkan Regulasi Piala Dunia 2022, aturan pemeringkatan di babak penyisihan untuk tim yang lolos meliputi banyaknya poin, selisih gol, dan produktivitas gol.

Jika Dua tim atau lebih masih mempunyai kesamaan dalam tiga kriteria itu, maka perlu dibuat klasemen kecil antarnegara terkait.

“Jika dua atau lebih tim dalam grup yang sama berimbang berdasarkan tiga kriteria di atas, peringkat mereka akan ditentukan sebagai berikut,” tulis Regulasi Piala Dunia 2022.

Penentuan pertama berdasarkan poin yang didapat dari pertemuan antartim terkait, selisih gol antartim terkait, produktivitas antartim terkait, dan perhitungan kartu kuning serta kartu merah.

Setiap tim yang mendapatkan kartu kuning dalam klasemen kecil itu bakal menerima pengurangan satu poin, kartu kuning kedua minus tiga poin, kartu merah langsung empat poin, dan kartu kuning serta kartu merah langsung lima poin.

“Hanya satu aturan dari pengurangan di atas yang akan diterapkan kepada pemain dalam satu pertandingan. Tim dengan jumlah poin tertinggi akan diberi peringkat tertinggi,” jelas Regulasi Piala Dunia 2022.

Terakhir, FIFA akan melakukan pengundian jika kalkulasi di atas belum mampu menghasilkan siapa tim yang lebih unggul dari Negara lainnya.

Kasus Polandia dan Meksiko

Seperti kasus Polandia dan Meksiko misalnya, kedua Tim ini masing-masing mengantongi 4 poin, namun hasil yang sama itu justru Polandia dinyatakan berhak lolos ke 16 besar.

Mengapa demikian, Polandia unggul di selisih gol dengan 2 gol dan 2 kebobolan, dengan begitu, Polandia nihil poin gol.

Gagalnya Meksiko keluar sebagai runner-up di sebabkan minus 1 gol, artinya, Meksiko hanya mencetak 2 gol di laga penyisihan Grup, sementara kebobolan 3.

Aturan Pemeringkatan di Penyisihan Grup Piala Dunia 2022:

Langkah Pertama

1. Poin terbanyak dalam semua partai di babak penyisihan

2. Selisih gol terbanyak dalam semua partai di babak penyisihan

3. Produktivitas terbanyak dalam semua partai di babak penyisihan

Langkah Kedua

4. Poin terbanyak di antara tim terkait yang mempunyai poin, selisih gol, dan produktivitas yang sama

5. Selisih gol terbanyak di antara tim terkait yang mempunyai poin, selisih gol, dan produktivitas yang sama

6. Produktivitas terbanyak di antara tim terkait yang mempunyai poin, selisih gol, dan produktivitas yang sama

7. Tim dengan skor tertinggi terkait pengurangan poin akibat kartu kuning dan kartu merah

– Kartu Kuning: Minus 1 Poin

– Kartu Kuning Kedua: Minus 3 Poin

– Kartu Merah Langsung: Minus 4 Poin

– Kartu Kuning dan Kartu Merah Langsung: Minus 5 Poin

8. Undian FIFA