Meski Menang, Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022 Setelah Jepang Comeback 2-1 Atas Spanyol

Para pemain timnas Jerman menutup mulut mereka sesaat sebelum pertandingan dimulai sebagai bentuk protes terhadap Piala Dunia Qatar. (Dok. Getty Images)

Kolaka Klasemen Grup E Piala Dunia 2022 di matchday terakhir penuh drama. Jepang dan Spanyol melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022. Pasukan Hansi Flick hanya mampu finis di peringkat ketiga Grup E dengan torehan 4 poin.

Grup E Piala Dunia 2022 memainkan laga ketiga secara serentak, Spanyol vs Jepang di Khalifa Stadium dan Kosta Rika vs Jerman di Al Bayt pada Jumat (2/12) pukul 03.00 WITA.

Kedua laga tersebut berlangsung dengan seru. Tiap tim bermain terbuka, saling serang, saling bikin gol selang cuma hitungan menit.

Duel Jepang vs Spanyol berakhir dengan skor 2-1. Jepang semula tertinggal lebih dulu setelah kebobolan gol Alvaro Morata pada menit ke-11.

Namun, tim berjuluk Samurai Biru itu bangkit dan mencetak dua gol dalam tiga menit pada babak kedua melalui Ritsu Doan (48′) dan Ao Tanaka (51′).

Hasil ini membuat Jepang dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup. Sementara itu, Spanyol mendampingi Jepang dengan status runner-up.

Adapun Kosta Rika dan Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Jerman sejatinya menang 4-2 atas Kosta Rika. Empat gol Jerman dibukukan oleh Serge Gnabry (10′), Kai Havertz (73′, 85′) dan Niklas Fulkrug (89′). Adapun dua gol Kroasia dicetak Yeltsin Tejeda (58′) dan Juan Pablo Vargas (70′).

Hasil tersebut membuat Jerman memiliki poin sama dengan Spanyol, yakni empat poin. Namun, tim berjuluk Der Panzer itu gagal lolos karena kalah selisih gol.

Hasil akhir Grup E Piala Dunia 2022 dipuncaki Jepang dengan enam poin. Di peringkat kedua ada Spanyol dengan empat poin. Jerman ada di peringkat ketiga dengan empat poin dan Kosta Rika dengan tiga poin di posisi terbawah.