Kontroversi Gol Kedua Jepang ke Gawang Spanyol, Jerman Tersingkir Meski Menang Melawan Kosta Rika

Timnas Jepang secara dramatis lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup E setelah mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 di Stadion Khalifa International, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB / Foto: Twitter FIFA World Cup (@FIFAWorldCup)

Kontroversi Gol Kedua Jepang ke Gawang Spanyol, Jerman Tersingkir Meski Menang Melawan Kosta Rika

Duel Timnas Jepang vs Spanyol di Grup E Piala Dunia FIFA 2022, berlangsung sengit di Stadion Internasional Khalifa, Ar-Rayyan, Qatar, Jumat 02/12/2022  dini hari WIB.

Di laga itu, berakhir dengan skor 2-1 atas kemenangan Jepang dari Spanyol. Gol Kedua Samurai Biru julukan Timnas Jepang menimbulkan kontroversi.

La Furia Roja julukan Timnas Spanyol lebih awal unggul melalui sundulan Alvaro Morata di menit ke 11. Sementara gol Jepang melaui Ritsu Doan pada menit ke-48 dan Ao Tanaka pada menit 51.

Gol kedua Samurai Biru membuat La Furia Roja kalah dengan skor akhir 2-1. Dalam prosesnya, gol kedua tercipta dari umpan silang Ritsu Doan ke dalam kotak penalti. Kaoru Mitoma lalu menyambarnya dan dituntaskan oleh Ao Tanaka.

Para pemain Kedua Tim sempat tegang setelah Wasit memeriksa Video Assistant Referee (VAR) karena adanya indikasi bola terlebih dulu out melewati garis sebelum terciptanya gol kedua.

Setelah memeriksa VAR, wasit memutuskan gol kedua Jepang sah.

Fédération Internationale de Football Association (FIFA) menjelaskan bahwa gol kedua Jepang tersebut sah karena bola belum sepenuhnya melewati garis putih. 

“Gol kedua Jepang harus dicek oleh VAR, tetapi Mitoma melakukan umpan silang yang cukup untuk Tanaka sebelum seluruh bola melewati garis,” tulis pernyataan FIFA, dikutip dari Kompas.com.

Hingga laga usai, skor 2-1 atas kemenangan Jepang. Spanyol yang kalah menempatkan posisinya di Runner-up dengan nilai 4 poin menyusul Jepang juara Full 6 poin.

Kekalahan Spanyol dari Jepang berimbas ke Timnas Jerman meski telah meraih kemenangan melawan Timnas Kosta Rika dengan Skor 4-2.

Kemenangan Der Panzer di laga penutup Grup E berhasil menyamai pion Spanyol dengan masing-masing mengantongi 4 poin. Namun begitu, Jerman terpaksa gugur akibat kalah selisih gol dari Spanyol.

Gol Jerman berkat gol Serge Gnabry di menit ke-10, Kai Havertz 73′ dan 85, gol ke 4 Niclas Fullkrug pada 89. Sementara Kosta Rika hanya mampu membalas 2 gol lewat Yeltsin Tejeda di menit 58, dan Juan Pablo Vargas pada menit 70.

Jerman hanya berada di posisi ke Tiga dan Kosta Rika di posisi ke Empat Grup E Piala Dunia 2022. Terpaksa mengangkat koper dan menghentikan langkahnya ke fase gugur.

Jepang terbilang Tim perwakilan Asia yang gemilang di Piala Dunia 2022, bagaimana tidak, Jepang sebelumnya berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 sebelum kembali mengalahkan Spanyol dengan skor yang sama.

Berikut klasemen Grup E Piala Dunia 2022:

Jepang 6 poin juara Full

Spanyol 4 poin Runner-up

Jerman 4 poin

Kosta Rika 3 poin