Sempat Ditunda, Pengumuman SNMPTN 2020 Besok Jam?

  • Bagikan
Foto: Istimewa

Jakarta, Timurterkini.com – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 akan diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Rabu 8 April 2020.

Pengumuman SNMPTN akan dilakukan mulai pukul 13.00 WIB lewat laman resmi LTMPT di http://pengumuman.snmptn.ac.id/.

Setelah menuju laman tersebut, tinggal memasukkan nomor pendaftaran LTMPT atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Kemudian klik tombol hasil.

Pengumuman SNMPTN 2020 tersebut berdasarkan Surat Edaran Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nomor: 08/SE.LTMPT/2020 Tentang Jadwal Pengumuman SNMPTN 2020.

Jadwal pengumuman hasil SNMPTN sendiri sempat diundur. Mulanya pengumuman disampaikan pada Sabtu (4/4). Lalu diundur menjadi Rabu (8/4) guna mengakomodir peserta SNPMTN dari para penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang baru dikeluarkan pemerintah pusat.

SNMPTN merupakan jalur masuk PTN yang dilakukan tanpa ujian tertulis. Acuan seleksi yang digunakan adalah nilai rapor dari semester satu sampai semester lima bagi SMA/MK/MA atau semester satu sampai tujuh bagi SMK.

Kuota siswa dari setiap sekolah yang dapat mengikuti SNMPTN bervariasi. Bagi sekolah berakreditasi A, kuota yang ditentukan 40 persen, akreditasi B sebanyak 25 persen dan akreditasi C sebanyak 5 persen.

Sementara untuk siswa yang tidak dapat mengikuti SNMPTN atau tidak lolos, bisa melanjutkan ke Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

  • Bagikan