Meresahkan Warga, Kepolisian Resor Pinrang Amankan 3 Motor yang Hendak Balap Liar

Meresahkan Warga, Kepolisian Resor Pinrang Amankan 3 Motor yang Hendak Balap Liar
Ketiga motor yang diamankan pada kegiatan pembubaran balap liar di bawah ke Mapolres Pinrang. (Dok: Humas Polres Pinrang).

Pinrang, Timurterkini.com – Unit Resmob Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pinrang, Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), mengamankan 3 unit kendaraan roda dua (Motor).

Ketiga motor yang diamankan saat hendak melakukan balapan liar di wilayah taman Lasinrang Park Kecamatan Watang Sawitoo, Kabupaten Pinrang.

Pada pengamanan itu, Unit Resmob di Back-up Propam Polres Pinrang mendapat laporan warga bahwa aktivitas sekelompok orang di wilayah tersebut sangat meresahkan masyarakat.

Kasi Propam Polres Pinrang Iptu Muslih Arsyad, mengatakan bahwa membackup kegiatan pembubaran balap liar oleh team Crime Fighters unit Resmob Satreskrim Polres Pinrang yang dipimpin langsung Kanit Resmob, Aiptu Syahrir.

“Berhasil mengamankan 3 unit kendaraan roda dua modifikasi racing yang akan dipergunakan dalam kegiatan balap liar oleh beberapa kelompok anak muda,” kata IPTU Muslih kepada wartawan Timurterkini.com melalui telepon, Jum’at (20/01/2023) malam.

Ke 3 unit kendaraan yang disita kemudian dibawah ke Mapolres Pinrang melalui unit Satlantas Polres Pinrang untuk dilakukan proses hukum kepada para pemiliknya.

Sementara itu, Kapolres Pinrang, AKBP Santiaji Kartasasmita juga menjelaskan bahwa setiap laporan yang diterima dari masyarakat baik itu melalui Call Center maupun melalui kontak, pihaknya langsung menindak tegas.

“Segera di tindaklanjuti para pelaku balap liar di wilayah hukum Polres Pinrang, bisa diproses sesuai hukum yang berlaku tanpa adanya negosiasi serta tebang pilih,” tegas Santiaji via WhatsApp.

Tak hanya itu, dikatakan, hingga saat ini pihaknya telah banyak menerima laporan warga terkait aktivitas sekelompok pemuda.

Laporan yang ia terima, kata dia, tak hanya aksi balap liar, namun juga kegiatan sabung ayam, peredaran Narkoba di beberapa wilayah Polres Pinrang.

“Kegiatan sabung ayam di wilayah Polsek Patampanua, Lembang, Suppa, Tiroang, Mattirobulu, Mattirosompa, Cempa dan Polsubsektor Lanrisang,” terangnya.

Dengan adanya laporan ini, dirinya menekankan kepada para Kapolsek jajaran Polres Pinrang beserta personilnya untuk intens melakukan kegiatan Patroli dalam mewujudkan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek masing-masing.

“Terima laporan warga, lidik dan bubarkan, bila perlu ambil tindakan hukum dengan mengamankan para pelaku bersama barang buktinya,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan kepada anggota Kepolisian baik personil Polres Pinrang atau Polsek jajaran untuk tidak mencoba bermain mata dengan para pelaku.

“Apabila itu terjadi dan sampai ke telinga saya atau langsung diterima dari laporan warga kepada saya. Sebagai Kapolres Pinrang akan saya lakukan tindak lanjut personil tersebut sesuai SOP institusi Kepolisian,” tegasnya.