Kronologis ODGJ di Mamasa Amuk Warga Hingga Kritis

Seorang Pria diduga Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) terpaksa diamankan pihak Kepolisian Sektor Sumarorong lantaran menyabet salah seorang warga menggunakan parang.
Terduga pelaku dievakuasi ke Puskesmas Messawa usai dilimpahkan timah panas. Dok : Ist.

Mamasa, Timurterkini.com – Seorang Pria diduga Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) terpaksa diamankan pihak Kepolisian Sektor Sumarorong lantaran menyabet salah seorang warga menggunakan parang.

Insiden itu terjadi di Dusun Dadeko, Desa Malimbong, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, Kamis 23 Juni 2022 sekira pukul 01.30 Wita.

Berdasarkan informasi yang dihimpun laman ini, terduga pelaku inisial MR (34) menyabet korbannya Maniak (43) menggunakan parang.

Akibatnya, lengan tangan korban nyaris putus akibat sabetan parang.

Kapolsek Sumarorong, Iptu Najamuddin, membeberkan kronologis kejadian itu, bermula pada hari Rabu 22 Juni 2022, terduga pelaku lepas dari tempat belenggu (pasung), kemudian menuju rumah neneknya yang berjarak sekitar 500 Meter dari tempat belenggu.

Kemudian, pelaku mengambil 2 (dua) bilah parang yang dipegang dengan kedua tangannya.

Setelah memegang parang lanjutnya, kemudian pelaku menuju rumah korban yang tak lain tetangga neneknya sendiri yang berjarak sekitar 15 Meter dan menemukan korban didalam rumah.

“Kemudian pelaku melakukan aksinya menganiaya korban dengan kedua parang yang dipegangnya,” katanya.

Korban saat ini menderita luka terbuka pada bagian bagian wajah, kepala, pipi sebelah kiri dan tangan sebelah kanan hampir putus.

“Korban saat ini dirujuk ke Rumah Sakit Polman, sementara pelaku diamankan,” bebernya.

Bermula, sekira pukul 07.00 Wita, personil Bhabinkamtibmas tiba di Desa Malimbong setelah menerima laporan adanya warga Desa Malimbong yang dalam gangguan mental terlepas dari tempat belenggu dan melakukan penganiayaan dengan menggunakan parang.

Namun, melihat situasi kondisi yang tidak memungkinkan untuk menangkap pelaku, personil Bhabinkamtibmas mengadakan koordinasi dengan Polsek Sumarorong untuk meminta bantuan.

Sekira pukul 09.00 Wita, Personil Polsek Sumarorong yang dipimpin oleh Kapolsek Sumarorong Iptu Najamuddin tiba di lokasi dan melakukan upaya secara kekeluargaan.

“Dikarenakan pelaku dalam gangguan jiwa dan memakai sajam jenis parang dan sudah ada korban salah satu warga, sehingga Personil Polsek Sumarorong mengambil tindakan tegas secara terukur dengan melumpuhkan pelaku dibagian betis sebelah kanan,” tuturnya.