Resep Natal : Tart Lapis Manis Buah Bit dan Asam Jeruk

  • Whatsapp

Kolaka, Timurterkini.com ‐ Buah bit dikenal kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sajian kue tart cokelat dengan campuran buah bit bisa jadi pilihan makanan penutup yang sehat.

Buah bit merupakan tanaman sejenis umbi berwarna ungu kemerahan. Kandungan tinggi antioksidan yang dimiliki membuat buah dipercaya dapat membantu menekan perkembangan sel kanker.

Bacaan Lainnya

Buah yang pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat Afrika ini juga dipercaya bisa menjadi detoks alami untuk tubuh. Utamanya untuk memaksimalkan kerja ginjal dan hati. Kandungan zat besi yang tinggi juga menjadikan bit sebagai makanan tepat untuk para penderita anemia.

Buah bit umumnya dikonsumsi dalam bentuk jus, acar, sebagai campuran sup, atau dimakan mentah.

Buah bit hadir dengan rasa yang tak terlalu manis. Cocok untuk digunakan sebagai campuran sajian dengan rasa gurih ataupun manis.Saat dipanggang, rasa manis alami akan semakin kuat. Tekstur daging juga akan berubah dari yang sebelumnya kering menjadi lembut.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencampurkan buah bit dengan adonan kue tart cokelat agar lebih menarik. Tambahkan jeruk dan lemon untuk memperkaya rasa.

Melansir The Independent, berikut resep kue tart cokelat dengan buah bit dan jeruk.

Bahan-bahan yang digunakan.

Bahan dasar:

200 gram biskuit, hancurkan115 gram salted butter, lelehkan

Bahan tart cokelat:

340 gram dark chocolate, tumbuk halus60 gram butter, haluskan 240 mililiter double cream

Bahan lapisan buah bit dan jeruk:

145 gram buah bit3 daun gelatin2 buah jeruk, buat jus1 buah lemon, buat jus50 gram gula batu

Cara membuat:

1. Panaskan oven hingga 180 derajat Celcius. Bungkus buah bit dengan kertas foil dan panggang selama 40 menit.

2. Sementara buah bit dipanggang, campur biskuit yang telah ditumbuk (kerak biskuit) dan mentega yang dilelehkan ke dalam kaleng. Tutup kaleng dengan rapat dan dinginkan.

3. Campur cokelat yang telah ditumbuk dan butter di dalam mangkuk tahan panas.

4. Panaskan krim di dalam panci dengan tingkat kepanasan medium hingga mulai menciptakan gelembung. Tapi, Anda tak perlu menunggunya sampai mendidih.

5. Setelah muncul gelembung, matikan kompor. Campurkan krim di atas adonan cokelat dan butter. Tutup dan diamkan selama beberapa menit, lalu aduk sampai halus.

6. Ambil campuran kerak biskuit dan mentega dari kulkas. Tumpahkan campuran cokelat ke kerak biskuit secara perlahan. Tutup wadah dan dinginkan selama beberapa jam.

Membuat lapisan bit dan jeruk:

7. Masukkan lembaran gelatin ke dalam mangkuk berisi air dingin dan biarkan meresap.

8. Kupas dan potong kasar buah bit. Campurkan hingga halus bersama jeruk, lemon, dan gelatin dengan menggunakan blender.

9. Saring dan ambil ekstrak campuran bit, jeruk, dan lemon. Jika kurang dari 250 mililiter, tambahkan dengan sedikit air.

10. Tuang campuran air ke dalam panci kecil. Tambahkan sedikit gula sesuai selera dan didihkan selama 2-3 menit hingga mengental. Setelah mendidih, angkat dan biarkan mendingin.

11. Setelah mendingin, tuangkan adonan lapisan di atas kue tart. Tutup dan kembali simpan di dalam kulkas. Diamkan beberapa lama.

12. Sebelum disajikan, tambahkan potongan buah jeruk di permukaan kue agar terlihat lebih menarik.

Pos terkait