Pilhan Beberapa Cara Mengatasi Keputihan

  • Whatsapp
Pilhan Beberapa Cara Mengatasi Keputihan
Ilustrasi. Dok: Istimewa

Timurterkini.com – Setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan minimal sekali dalam hidupnya. Keputihan pada dasarnya adalah reaksi tubuh yang normal. Meski begitu, kondisi ini mungkin bisa membuat tidak nyaman. Apalagi jika cairan keputihan yang keluar cukup banyak. Lantas, adakah cara mengatasi atau menghilangkan keputihan?

Pada dasarnya keputihan adalah sel dan cairan vagina yang meluruh. Kondisi ini sangat lumrah terjadi, terutama pada wanita yang sudah lewat usia puber. Namun, normal atau tidaknya keputihan bisa ditentukan dari warna, tekstur, dan bau lendir yang keluar.

Bacaan Lainnya

Cairan keputihan normal biasanya berwarna bening atau putih susu jernih dengan tekstur yang lengket dan licin. Keputihan normal tidak berbau.

Keputihan yang normal menandakan tubuh dan vagina Anda berfungsi semestinya. Keputihan juga merupakan cara vagina membersihkan dan melindungi dirinya sendiri. Keputihan ini tidak selalu harus selalu diatasi, karena dapat hilang sendiri.

Sebaliknya, keputihan yang tidak normal dapat menandakan infeksi atau masalah pada organ kewanitaan. Keputihan yang abnormal ditandai dengan:

Keputihan dengan tanda-tanda di ataslah yang perlu segera diobati agar tidak semakin menggerogoti kesehatan tubuh.

Dokter dapat meresepkan obat sebagai cara mengatasi keputihan, jika penyebabnya sudah ditentukan akibat infeksi atau masalah kesehatan tertentu. Dalam banyak kasus, infeksi ringan umumnya bisa sembuh dalam satu hingga dua minggu.

Beberapa cara pengobatan yang sering dijadikan untuk menghilangkan keputihan adalah:

Pos terkait