Penyebab Bau Mulut Serta Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Penyebab Bau Mulut Serta Cara Mengatasinya
Ilustrasi. Dok: Alodokter

Timurterkini.com – Tiap orang tentu ingin menghindari punya bau mulut yang tidak sedap. Bukan hanya membuat tidak percaya diri, tapi bau mulut yang tidak sedap membuat lawan bicara jadi kurang nyaman. Bukan tidak mungkin jika pembicaraan jadi kurang berkualitas karena bau mulut yang kurang sedap. Itu sebabnya, bau mulut yang tak sedap harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah lebih jauh lagi.

Jaga Kesehatan Mulut Agar Bau Mulut Hilang 

Jika ditelusuri lebih jauh lagi, bau mulut yang tidak sedap atau halitosis biasanya berkaitan erat dengan kesehatan mulut Anda. Umumnya bau mulut timbul karena sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut. Sisa makanan yang berada di dalam mulut terlalu lama akan dihancurkan oleh bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Penyebab lainnya adalah kesehatan gigi yang tidak baik. Gigi berlubang dan masalah pada gusi seringkali menjadi penyebab keluarnya darah dari gusi sehingga mulut berbau tidak enak. Yuk, cek lebih detail masalah kesehatan dan penyebab bau mulut berikut!

Penyebab Bau Mulut

Bacaan Lainnya

Berikut beberapa masalah kesehatan mulut, gigi, dan gusi yang umumnya menyebabkan bau mulut yang tidak sedap banyak terjadi:

1. Sinusitis
Banyak penderita sinusitis yang tidak menyadari bahwa sinusitis menyebabkan bau mulut yang tidak sedap saat berbicara dengan orang lain. Mengapa? Karena sinusitis menghasilkan lendir kental berbau yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan. Parahnya, saat sinusitis menyerang, penderita tidak bisa mencium dengan baik, sehingga sering luput mendeteksi apakah ia memiliki bau mulut atau tidak. Sinusitis sendiri sebenarnya adalah bentuk peradangan pada dinding sinus. Hal Ini umum terjadi  dan biasanya mencakup masyarakat di berbagai usia.

Penyebab utamanya biasanya adalah virus flu yang menyebabkan infeksi. Selain infeksi virus flu, penyebab lainnya antara lain bakteri jamur, infeksi gigi, atau aktivitas merokok yang rutin. Sinusitis juga bisa menular melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Biasanya, anak-anak mudah tertular dengan cara ini.

2. Xerostomia
Xerostomia atau mulut kering adalah suatu kondisi gangguan kesehatan yang kadang terjadi karena hal–hal kecil yang terlupakan. Salah satu penyebab mulut kering adalah kurangnya kandungan air liur di dalam mulut. Jika Anda sedang sakit, biasanya lebih mungkin menderita xerostomia dibanding saat sehat. Penyebab lainnya adalah dehidrasi, konsumsi obat, atau saat sedang pilek. Saat pilek, seseorang dipaksa untuk bernafas melalui mulut, sehingga air liur mengering dan terjadi xerostomia.

Keringnya mulut karena ketiadaan air liur jelas membuat mulut mengeluarkan bau tidak sedap. Air liur di dalam mulut berperan untuk membunuh bakteri berlebih sehingga tidak sampai mengeluarkan bau tidak sedap. Nah, jika mulut kering dan tidak mengandung air liur, maka perkembangan bakteri di mulut jadi tidak terkendali dan menyebabkan bau mulut tidak sedap.

3. Gangguan Saluran Pencernaan
Penyebab lain yang lebih serius sehingga menyebabkan timbulnya bau mulut tidak sedap adalah gangguan saluran pencernaan. Gangguan pencernaan yang paling umum adalah maag dan penyakit asam lambung atau GERD. Saat terkena penyakit asam lambung, lingkaran otot bawah Esofagus biasanya sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan asam lambung keluar dari lambung dan naik kembali ke Esofagus, bahkan ke mulut. Nah, asam yang naik sampai ke mulut dan tertinggal di mulut akan menyebabkan bau tidak sedap yang sangat mengganggu.
Mengingat penyakit asam lambung merupakan kondisi penyakit kesehatan yang sering terjadi di masyarakat Indonesia, Anda sebaiknya waspada. Mengurangi makanan yang berlemak dan makanan pedas adalah salah satu cara menghindari asam lambung. Dengan demikian, Anda bisa menghindari munculnya bau mulut tak sedap karena asam lambung tersebut.

Cara Mencegah Bau Mulut

Pos terkait