Gaya Hidup Sehat Bisa Anda Mulai Dari Sekarang

  • Whatsapp
Gaya Hidup Sehat Bisa Anda Mulai Dari Sekarang
Ilustrasi. Dok: Istimewa

Timurterkini.com – Tidak sedikit orang yang menunggu waktu tepat untuk menerapkan gaya hidup sehat. Padahal sebenarnya, waktu yang paling tepat adalah sesegera mungkin dan selama mungkin. Gaya hidup sehat sebaiknya dilakukan terus-menerus dan tidak berjeda agar hidup senantiasa lebih baik.

Gaya hidup sehat adalah cara kita menjalani hidup guna menurunkan risiko terkena penyakit atau meninggal dunia di usia muda. Memang tidak semua penyakit dapat dicegah, tetapi sebagian besar penyakit kronis atau penyakit penyebab kematian, seperti jantung koroner dan kanker, bisa Anda dihindari dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Bacaan Lainnya

Menjalani gaya hidup sehat bukan hanya sekadar mencegah penyakit, lho, tetapi juga menjaga kesehatan fisik, mental, dan sosial. Terlebih lagi, selain memberikan manfaat untuk diri sendiri, gaya hidup sehat yang kita terapkan bisa menular ke orang-orang di sekitar kita, terutama anak-anak kita.

Oleh karena itu, penting untuk segera memulai gaya hidup sehat agar kualitas hidup meningkat secara keseluruhan dan bisa hidup lebih lama.

Penerapan Gaya Hidup Sehat

Menentukan pilihan gaya hidup sehat yang tepat tentu perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, kemampuan fisik, dan kondisi kesehatan. Anda tidak bisa mengharapkan hasil perubahan gaya hidup yang sama dengan orang lain, misalnya mengikuti model atau aktor idola.

Terlepas dari usia, jenis kelamin, atau kemampuan fisik, berikut adalah beberapa cara untuk memulai gaya hidup sehat yang bisa langsung Anda terapkan dan jadikan rutinitas baru:

1. Mengontrol berat badan ideal

Menjaga pola makan dengan benar dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes dan mempertahankan berat badan yang ideal.

Bila Anda sedang berusaha menaikkan atau menurunkan berat badan menjadi ideal, makan makanan dengan gizi seimbang bisa membantu Anda mencapainya. Rutinlah mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur setiap harinya. Makanan yang rendah kalori namun tinggi nutrisi ini dapat membantu Anda mencapai berat badan yang ideal dan mempertahankannya.

Selain itu, penting juga untuk memulai hari dengan sarapan yang sehat, misalnya dengan susu rendah lemak atau gandum utuh. Jika Anda tidak sarapan, gula darah akan cenderung meningkat, sehingga lemak dalam tubuh juga meningkat. Jadi, usahakan untuk tidak melewatkan sarapan, ya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu untuk mengurangi minuman manis, seperti soda dan minuman kemasan, makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji, dan kudapan manis yang biasanya dalam kemasan. Pastikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi alami dan sehat.

2. Berolahraga secara teratur

Pos terkait