Dari Gejala yang Muncul, Kenali Jenis Batuk Berikut Ini

Dari Gejala yang Muncul, Kenali Jenis Batuk Berikut Ini
Gambar Ilustrasi gejala batuk. (Dok: Femina).

Dari Gejala yang Muncul, Kenali Jenis Batuk Berikut Ini

Batuk berdahak dan batuk kering adalah dua jenis batuk yang paling umum dialami oleh masyarakat. Biasanya, kedua jenis batuk ini disertai oleh gejala yang berbeda-beda, mulai dari tenggorokan gatal hingga munculnya dahak. Kedua jenis batuk tersebut bisa kamu atasi dengan perawatan di rumah dan menggunakan obat batuk yang tepat.

Batuk menjadi salah satu respon tubuh ketika adanya iritan yang mengiritasi tenggorokan atau saluran pernapasan. Sebaiknya jangan khawatir berlebih jika kamu mengalami batuk. Kenali jenis batuk yang kamu alami dari gejala yang menyertai batuk.

Batuk berdahak menjadi salah satu jenis batuk yang menyebabkan hidung tersumbat dan pilek. Sedangkan batuk kering, tidak disertai lendir dan memburuk pada malam hari. Untuk itu, simak ulasan mengenai perawatan batuk di rumah agar kesehatan tubuh semakin membaik.

Kenali Jenis Batuk dari Gejala yang Muncul

Jika kamu mengalami batuk sesekali, kondisi tersebut sangat normal terjadi. Namun, jika batuk berlangsung kurang dari 3 minggu, sebaiknya waspada kondisi ini. Batuk jenis ini dikenal sebagai batuk akut. Sedangkan batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu, dikenal sebagai batuk kronis.

Ada berbagai penyebab batuk akut, mulai dari flu, paparan asap rokok, dan polusi udara. Sedangkan penyebab batuk kronis, disebabkan oleh alergi, asma, GERD, bronkitis, hingga postnasal drip.

Sebelum melakukan perawatan dan pengobatan, sebaiknya kenali jenis batuk dari gejala yang muncul. Berikut ini jenis batuk yang perlu diketahui:

1. Batuk Berdahak

Batuk berdahak adalah kondisi munculnya lendir atau dahak saat batuk. Umumnya, penyakit flu memicu seseorang mengalami batuk berdahak. Biasanya, batuk berdahak akan disertai dengan gejala lain, seperti hidung berair hingga kelelahan.

Batuk berdahak menyebabkan pengidapnya merasakan ada sesuatu yang mengganjal pada area tenggorokan hingga dada. Batuk berdahak bisa terjadi kurang dari 3 minggu atau bahkan lebih dari 3 minggu.

2. Batuk Kering

Batuk kering adalah batuk yang tidak memproduksi lendir atau dahak. Kondisi ini menyebabkan rasa gatal yang pada tenggorokan yang menyebabkan kamu batuk terus menerus. Selain itu, batuk kering menyebabkan pengidapnya mengalami suara serak, demam ringan, hingga kelelahan.

Polusi dan debu udara memicu seseorang mengalami batuk kering. Namun, asma, laringitis, sinusitis, alergi, dan GERD menjadi beberapa penyakit yang memicu seseorang alami batuk kering.

Itulah beberapa jenis batuk yang umum dialami oleh masyarakat. Jika kamu mengalami kedua jenis batuk dengan gejala yang terbilang ringan, perawatan di rumah bisa dilakukan untuk meringankan batuk.

Pilihlah Obat Batuk yang Tepat

Sebaiknya jangan sepelekan batuk yang kamu alami. Gejala batuk yang tidak diatasi dapat menyebabkan kondisi tidak nyaman pada pengidapnya. Tidak jarang, batuk memicu gangguan aktivitas sehari-hari hingga gangguan tidur yang dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup.

Namun, jangan khawatir, sebaiknya atasi gejala batuk dengan perawatan tepat di rumah. Kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung asam folat, vitamin C, E, A, D, Zinc, dan zat besi. Nutrisi tersebut bisa mengoptimalkan imun tubuh untuk mempercepat pemulihan batuk yang kamu alami.

Selain itu, memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh juga bisa membuat tubuh terhidrasi dan meringankan gejala yang menyertai batuk. Hal yang tidak kalah penting adalah memperbanyak kebutuhan istirahat agar pemulihan yang kamu jalani dapat berjalan dengan baik.

Kamu juga bisa mengonsumsi obat batuk yang sesuai dengan jenis batuk yang kamu alami. Untuk mengatasi batuk kering, bersin-bersin, dan tenggorokan gatal pilihlah obat yang mengandung Dextromethorphan dan Doxylamine Succinate.

Dexomethorpan bekerja dengan cara menghentikan rangsang batuk di otak sehingga gejala dapat mereda. Sementara itu, Doxylamine Succinate merupakan jenis obat antihistamin yang meredakan batuk pilek serta gatal di hidung dan tenggorokan akibat alergi.

Jangan lupa untuk mengikuti anjuran pemakaian sesuai dengan dosis, ya.Ini karena beberapa obat batuk dapat menyebabkan sejumlah efek samping ringan, seperti mual, pusing, dan mengantuk.