Biar Tahan Ngantuk, 5 Tips Bisa Dicoba Saat Terpaksa Begadang

5 Tips Bisa Dicoba Saat Terpaksa Begadang
Ilustrasi menahan ngantuk, jangan ditiru. Dok: County food

Biar Tahan Ngantuk, 5 Tips Bisa Dicoba Saat Terpaksa Begadang

Begadang, ialah kebiasaan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan ini tak sedikit dialami seseorang.

Namun begitu, terdapat beberapa tips bisa dicoba saat terpaksa begadang. Setidaknya dapat mengurangi efek buruknya begadang.

Tips begadang sehat

Sering begadang kebiasaan dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Tak hanya mengganggu kemampuan kognitif, kebiasaan ini juga berpotensi merusak fungsi organ penting tubuh.

Namun, ternyata Anda bisa begadang dengan cara yang sehat. Dengan begitu, kegiatan seperti nonton bola hingga menyelesaikan tugas pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih tenang.

Berikut sejumlah tips begadang sehat yang bisa Anda terapkan.

1. Konsumsi kafein

Konsumsi kafein bisa membantu Anda terjaga pada malam hari. Meski begitu, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

Studi dalam National Academies Press menyebut, batas maksimal konsumsi kafein yaitu 600 mg per hari. Konsumsinya secara wajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan bekerja.

Sementara itu, konsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan efek yang berkebalikan. Tak hanya membuat sulit berkonsentrasi, Anda juga berpotensi mengalami gejala kecemasan.

2. Membiasakan waktu tidur baru

Agar bisa terjaga pada malam hari, cobalah untuk mengubah waktu tidur. Terlebih, jika Anda lebih sering beraktivitas pada malam dibandingkan siang hari.

Biasakan untuk tidur di siang hari dalam ruangan yang gelap dan tidak ada cahaya. Anda juga dapat menggunakan penutup mata supaya lebih membantu.

Awalnya mungkin akan terasa sulit. Namun, seiring waktu berjalan dan latihan, tubuh akan terbiasa dan begadang pun menjadi lebih sehat.

3. Tidur siang

Jika Anda hendak tidur lebih malam, pastikan untuk tidur siang terlebih dahulu. Cara ini dapat membantu untuk terjaga lebih lama pada malam hari.

Tidak perlu terlalu lama, cukup sempatkan waktu selama 15 hingga 20 menit saja untuk tidur siang. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih segar dan siap beraktivitas di malam hari.

4. Konsumsi camilan tinggi protein

Tubuh perlu sesuatu untuk dibakar agar dapat terjaga sepanjang malam. Sebagai solusinya, Anda bisa memakan camilan sehat.

Namun, jangan memilih makanan seperti cokelat, permen, atau junk food. Gula dan karbohidrat pada makanan tersebut memang dapat memberi tenaga ekstra, tapi tidak akan bertahan lama.

Pilih camilan yang bisa memberikan energi tahan lama seperti

• protein shakes,

• greek yogurt dengan topping buah-buahan, atau

• irisan apel yang dioles selai kacang.

5. Nyalakan lampu yang terang

Ruangan yang gelap memberi isyarat tubuh untuk melepaskan hormon melatonin. Hormon ini dapat membuat Anda merasa mengantuk.

Menurut studi dalam American Journal of Physiology, disebutkan bahwa memakai lampu terang malam hari dan membuat ruangan gelap saat siang membantu mengatur ulang ritme sirkadian.

Dengan begitu, tubuh akan terbiasa untuk tidur di siang hari dan beraktivitas pada malamnya. Dalam memilih lampu, pilih produk dengan sinar cahaya yang merata ke seluruh ruangan.