Beberapa Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
Beberapa Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh
Jambu biji. Dok: Istimewa

Timurterkini.com – Siapa yang tidak pernah merasakan nikmatnya jus jambu biji merah atau rujak pedas jambu biji putih. Selain nikmat untuk disantap, ternyata jambu biji juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Untuk mengetahuinya, mari simak bahasan mengenai manfaat jambu biji berikut ini.

Jambu biji merupakan tanaman yang berasal dari negara di Amerika Tengah, seperti Meksiko, Brazil, Kolombia, dan Venezuela. Buah yang juga disebut guava ini, kini telah banyak dibudidayakan dan dapat dinikmati di banyak negara beriklim tropis dan subtropis, seperti Indonesia. Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium, dan antioksidan seperti likopen. Selain itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang sedikit.

Beragam Manfaat Jambu Biji

Bacaan Lainnya

Berikut adalah beberapa manfaat jambu biji yang perlu Anda ketahui, seperti:

Melindungi tubuh dari radikal bebas
Kandungan vitamin C di dalam jambu biji berperan sebagai antioksidan, yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Banyak ahli percaya bahwa radikal bebas merupakan salah satu faktor pemicu berkembangnya penyakit kanker. Kandungan antioksidan ini tidak hanya terdapat di buah jambu biji saja, tapi juga di daunnya.

Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat jambu biji juga dapat diperoleh sebagai pelancar sistem pencernaan. Khasiat ini didapat dari kandungan serat yang tinggi pada jambu biji, sehingga dapat mencegah sembelit dan memastikan bahwa kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk. Vitamin C ini berhubungan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Jambu biji merupakan buah yang sebaiknya Anda konsumsi jika menderita darah tinggi. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan, mengonsumsi buah jambu biji dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Manfaat jambu biji ini diperoleh berkat kandungan vitamin C dan serat.

Pos terkait