Beberapa Cara Efektif dan Sehat Menaikkan Berat Badan

  • Whatsapp
Beberapa Cara Efektif dan Sehat Menaikkan Berat Badan
Ilustrasi. Dok: Fimela

Timurterkini.com – Meskipun sebagian orang berusaha mati-matian untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak sedikit juga yang menginginkan berat badannya bertambah. Kebanyakan orang mengira bahwa menaikkan berat badan tentu lebih mudah, hanya tinggal mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya lama kelamaan berat badan juga akan bertambah.

Tetapi bagi mereka yang ingin menaikkan berat badan, hal ini sulit untuk dilakukan. Tidak jarang mereka yang termasuk kurus kesulitan untuk menambah berat badan meskipun sudah makan banyak. Keadaan ini menyebabkan orang-orang yang ingin menambah berat badan kemudian makan berlebihan, termasuk di antaranya makanan yang tinggi kalori, tinggi gula, dan tinggi lemak. Tapi apakah benar cara menambah berat badan yang seperti itu?

Bacaan Lainnya

Mereka yang ingin menaikkan berat badan biasanya adalah mereka yang merasa dirinya terlalu kurus. Kurus atau kekurangan berat badan dapat didefinisikan sebagai indeks massa tubuh yang berada di bawah angka 18,5. Meskipun bukan berarti jika Anda kurus Anda tidak sehat, tetapi sama seperti terlalu gemuk, terlalu kurus juga menjadikan Anda rentan terhadap penyakit. Mereka yang terlalu kurus akan lebih mudah terkena penyakit infeksi karena sistem imunnya tidak bekerja dengan baik. Selain mudah terkena penyakit infeksi, osteoporosis, dan patah tulang, masalah kesuburan juga mengincar mereka yang berat badannya kurang dari normal. Bahkan jika kurangnya berat badan sudah dalam tahap yang parah, risiko kematian juga semakin tinggi.

Meskipun secara umum kurang berat badan diakibatkan oleh kurangnya asupan jika dibandingkan dengan kebutuhan, tetapi ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang terus menerus mengalami fase kekurangan berat badan yaitu:

Pos terkait