5 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Influenza Atau Flu

5 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Influenza Atau Flu
Ilustrasi terserang influenza atau Flu. (Gambar: HonestDocs).

5 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Influenza Atau Flu


Mungkin hampir setiap orang di dunia pernah terserang sakit flu atau influenza, walau sekali seumur hidupnya. Sebelum benar-benar sakit, biasanya anda akan lebih dulu mengalami beragam gejala influenza.

Mengenali tanda dan gejala influenza sejak dini dapat membantu Anda lebih cepat sembuh dengan mengatasi secepatnya.

Influenza atau Flu adalah infeksi virus yang menyerang pernapasan, terutama hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Meski begitu, gejala influenza juga bisa memengaruhi berbagai bagian tubuh lainnya, seperti misalnya lemas pada tulang.

Influenza kini tidak lagi tergolong penyakit mematikan sejak ditemukannya vaksin flu. Namun, flu yang tidak ditangani dengan tepat tetap dapat merugikan kesehatan pengidapnya dalam jangka panjang.

Gejala-gejala influenza mungkin dapat bervariasi pada beberapa orang, tergantung pada jenis flu serta penyebab flu yang diderita.
Dilansir Halodoc.com. Flu merupakan penyakit akibat infeksi virus yang dapat menimbulkan gejala yang mengganggu.

Cara mengatasinya selain minum obat yang dibeli di apotek, ada beberapa pilihan obat flu alami yang bisa dicoba.

Pilihan Obat Flu Alami di Rumah

Untuk mempercepat penyembuhan, berikut ini beberapa pilihan obat flu alami sebagai perawatan rumahan:

• Kumur Air Garam Hangat

Flu dapat menyebabkan banyak gejala, termasuk sakit tenggorokan. Berkumur dapat membantu meredakan rasa nyeri. Berkumurlah dengan setengah sendok teh garam yang dilarutkan dalam setengah gelas air hangat, empat kali sehari.

• Minum Cairan Hangat

Cairan hangat juga bisa jadi obat alami flu yang efektif. Ini dapat meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan menenangkan membran yang meradang di hidung dan tenggorokan. Jika kamu mengalami hidung tersumbat di malam hari dan tidak bisa tidur, cobalah minum air hangat. 

Selain air putih hangat, kamu juga bisa minum teh herbal hangat, yang ditambah satu sendok teh madu. Saat waktunya makan, cobalah untuk makan sup hangat untuk melegakan tenggorokan. 

• Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu melembapkan saluran hidung dan dapat membuat rileks. Jika kamu merasa pusing karena flu, mandilah dengan air hangat.

• Konsumsi Elderberry

Elderberry (Sambucus nigra) adalah ramuan yang memiliki sejarah panjang digunakan sebagai obat tradisional untuk flu, pilek, dan infeksi sinus. Cobalah minum jus elderberry yang banyak dijual di toko kesehatan saat mengalami flu.

• Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin c

Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat sedang flu. Beberapa buah dan sayur yang tinggi vitamin C antara lain stroberi, tomat, jeruk, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya.