4 Manfaat Keju Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Dok. Freepik

Timurterkini.comManfaat keju sangatlah beragam. Keju merupakan salah satu makanan yang dikenal sebagai sumber protein dan kalori. Sayangnya, keju seringkali dihindari karena kandungan lemak dan garam yang ada di dalamnya. Namun, jika dikonsumsi secukupnya, keju ternyata memiliki beberapa manfaat.

Setidaknya, ada empat manfaat makan keju bagi kesehatan berikut ini.

1. Tulang yang Lebih Kuat 

Ilustrasi. (Dok. Freepik/tirachard).

Sebagai salah satu jenis produk olahan susu, keju diketahui bermanfaat untuk memelihara kekuatan dan kesehatan tulang. Ini berkat kandungan kalsium dan protein yang melimpah di dalamnya.

Dikutip dari Halodoc, Kandungan kalsium dalam keju merupakan asupan yang baik untuk tulang. Selain itu, keju juga memiliki kandungan “makanan tulang” lainnya, seperti protein, zinc, vitamin A, vitamin D, dan vitamin K.

Dengan mencukupi asupan nutrisi tersebut, Anda pun dapat terhindar dari berbagai masalah tulang, misalnya osteoporosis.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Ilustrasi. (Dok. Freepik)

Anda dapat menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi keju secara rutin. Hal tersebut disebabkan karena kandungan kalsium pada keju. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, konsmsilah keju yang rendah lemak dan garam.

Manfaat kesehatan ini umumnya bisa didapatkan dari beberapa jenis keju rendah lemak dan rendah sodium, seperti keju kambing, ricotta, parmesan, dan keju feta.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi. (Dok. Freepik)

Mengonsumsi keju tidak hanya dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker. Namun mengonsumsi keju juga dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung.

Itu karena keju dapat memiliki lemak tak jenuh alami yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang pada akhirnya dapat membantu dalam menyehatkan kondisi jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencukupi konsumsi produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt, dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan tingkat keamanan konsumsi keju untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga kesehatan usus

Ilustrasi. (Dok. Freepik)

Keju merupakan salah satu jenis makanan yang diolah dengan cara fermentasi. Cara pengolahan ini membuat keju mengandung bakteri probiotik yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Meski demikian, mengonsumsi terlalu banyak keju justru dapat menyebabkan konstipasi. Tak hanya itu, pada beberapa orang yang tidak dapat mencerna laktosa, keju dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, seperti diare.