Terkendala Cuaca, Hilal di Pantai Wolulu Kolaka Tidak Terlihat

  • Whatsapp
Fesal Mosaad , S, pd, M. Pd, Kepala Kanwil Kementerian Agama Sultra (Foto: Timurterkini.com/Asdar)

Kolaka, Timurterkini.com – Pemerintah melalui Kementrian Agama telah menetapkan 82 titik pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan hasil sidang isbat awal bulan Ramadan 2020/1441 Hijriah.

Salah satunya di pantai Wolulu Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara, Pemantauan hilal dilaksanakan pada Kamis Sore (23/4/2020).

Bacaan Lainnya

Hasil pantauan hilal di Pantai Wolulu oleh Kanwil Kementerian Agama Sultra, belum terlihat, hal tersebut terkendala cuaca di lokasi dimana tertutup oleh kabut.

“Hasil rukyatul hilal pada hari ini baik menggunakan mata telanjang maupun alat bantu teleskop menunjukkan bahwa hilal sama sekali tidak terlihat karena tertutup oleh kabut dan hujan, karena itu Saya mau merujuk kepada data BPS BMKG, menunjukkan bahwa titik yang berada pada 2 derajat 45 menit dan 55 detik” ujar Fesal Mosaad.S.pd.,M.Pd, Kepala Kanwil Kementerian Agama Sultra.

Sementara untuk menentukan awal Ramadan 1441H pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) pada 23 April 2020. Hasil dari pantauan hilal tersebut kemudian dilaporkan ke Ditjen Bimas Islam sebagai bahan penetapan.

Pos terkait