Puluhan Rumah di Mamuju Rusak Dihantam Gelombang Tinggi

  • Whatsapp
Ombak pasang menerjang dan merusak rumah warga di Desa Taang, Mamuju, Sulawesi Barat. Foto: Dok. Istimewa

Mamuju, Timurterkini.com – Gelombang tinggi yang terjadi di perairan Selat Makassar merusak puluhan rumah warga di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Dilaporkan satu keluarga terpaksa mengungsi karena rumahnya rusak berat. 

Gelombang tinggi yang melanda Selat Makassar sudah berlangsung dua hari, ini mengakibatkan puluhan rumah warga rusak di terjang ombak, adapun yang terparah yakni di Desa Desa Taang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju.

Bacaan Lainnya

Satu keluarga terpaksa mengungsi di rumah kerabat karena rumah rusak berat, peristiwa ini di perparah karena jebolnya tanggul penahan ombak.

Wakil Bupati Mamuju, Irwan Satya Putra Pababari, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Mamuju, Suaib, meninjau langsung lokasi rumah yang rusak akibat terjangan ombak di Desa Taang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Minggu (12/1/2020).

Usai melakukan peninjauan, Irwan langsung memerintahkan Dinas Sosial dan BPBD Mamuju untuk segera memberikan bantuan yang bersifat jangka pendek seperti sembako dan pakaian.

“Untuk jangka panjang akan dilakukan komunikasi kepada Balai yang menangani khusus hal tersebut agar dapat memprogramkan pembangunan tanggul penahan ombak di areal yang setiap tahun memang sering mengalami kejadian serupa,” kata Irwan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mamuju, Lutfi Muis, memastikan pihaknya telah mempersiapkan langkah taktis untuk memberikan bantuan kepada korban bencana, dan langkah awal dengan mendirikan posko sementara untuk menampung warga di sekitar masjid Desa Taan.”Kami juga akan segera mengirim bantuan sembako dan perlengkapan lainnya paling lambat besok Senin (13/1/2020),” tandasnya.

Pos terkait