Pemkot Baubau Sumbang APD Untuk Tenaga Medis Tangani Pencegahan Penyebaran Virus Corona

  • Whatsapp
Walikota Baubau, Dr AS Tamrin, sumbangan yang merupakan kepedulian murni dari walikota, wakil walikota, sekda, asisten, kepala OPD, kabag Se-Kota Baubau, Foto: Istimewa

Baubau, Timurterkini.com – Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) bertempat di Rujab Wali Kota Baubau berlangsung penyerahan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) oleh Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin, Selasa 14 April 2020 kepada petugas medis di puskesmas dan RSUD Baubau guna menangani peyebaran wabah virus corona.

Turut hadir Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Asisten I Setda Baubau, Kadis Kesehatan Baubau, Dirut RSUD Baubau, dan sejumlah kepala Puskesmas Se-Kota Bau-Bau.

Wali Kota Bau-Bau, Dr.AS Tamrin menyampaikan bila bantuan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada petugas medis yang bekerja dilapangan dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kota Baubau.

Bacaan Lainnya


“APD ini sesungguhnya adalah dari hasil urunan atau sumbangan yang merupakan kepedulian murni dari walikota, wakil walikota, sekda, asisten, kepala OPD, kabag Se-Kota Baubau. Ini dilakukan untuk menyediakan APD secepatnya sembari menunggu dana dari pusat,” kata Dr.As Tamrin.

Dimana kita juga sudah menganggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tapi khan lama juga Sehingga kemarin muncul inisiatif dalam rapat koordinasi antara gugus tugas dan pimpinan OPD saya mengimbau mereka, cara saya halus, saya menyumbangkan gaji dua bulan untuk ini dan ternyata mereka juga terpanggil.

Lanjut, Wali Kota juga menyampaikan bila APD ini selain dipesan dari luar Daerah juga ada beberapa APD khususnya level yang dipesan dengan memberdayakan UKM di Kota Bau-Bau Dengan demikian, ada timbal balik ekonomi dengan melibatkan masyarakat,” tambahnya.

“Tentu saja APD yang melibatkan UKM di Baubau dibuat berdasarkan standar kesehatan tidak serta merta juga,” jelasnya.

Dilaporkan Asisten I Setda Bau-Bau, Drs. Rahmat Tuta, M.Si bahwa bantuan APD ini berasal dari sumbangan dana kemanusiaan penanggunalangan Covid-19 dari seluruh OPD se-Kota Baubau, total dana yang terkumpul kurang lebih Rp 200 juta Rupiah.

Peruntukannya sebagai berikut:


1. Pengadaan baju Covid-19 level 3 sejumlah 30 set. Diperuntukan pada 17 Puskesmas se-Kota Baubau.

2. Pengadaan baju Covid-19 level 2 sejumlah 100 lembar. Diperuntukan pada 17 Puskesmas se-Kota Baubau.

3. Pengadaan baju kerja lapangan petugas Covid-19 RSUD Palagimata 60 pasang, Handscoen panjang 85 pasang, Face shield 20 buah, Apron 6 dos, dan baju Hazmat atau Coverall 50 lembar.



(Ari)

Pos terkait