Kolaka Menjadi Lokasi Pemantauan Hilal Awal Ramadhan 1441 Hijriah

  • Whatsapp
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Kolaka, Timurterkini.com – Bulan Ramadhan sebentar lagi akan segera tiba, Sementara untuk mengetahui kapan jatuhnya tanggal 1 Ramadan 1441 Hijriah atau tahun 2020 Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat.

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mempersiapkan lokasi pemantauan hilal 1 Ramadan 1441 Hijriah.

Bacaan Lainnya

Pemantauan hilal rencananya akan dilakukan di Pantai Wolulu, Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka, Sultra.

Kepala Seksi Hisab Rukyat, Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Rauf mengatakan, rakyatul hilal awal Ramadan akan dilaksanakan pada Kamis (23/4/2020) atau bertepatan dengan 29 Syahban 1441 Hijriah. Rakyatul hilal awal Ramadan akan diikuti oleh tim ahli hisab rakyatul Provinsi Sultra serta dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Tapi pemantauan hilal akan dilakukan secara terbatas, mungkin hanya sekitar 5 orang ahli saja. Karenakan ada surat edarat untuk menghindari perkumpulan, jadi mungkin yang hadir hanya khusus teropong, komputer pengamat deodolig,” terang Abdul Rauf Selasa, (7/4/2020).

Abdul Rauf melanjutkan, untuk hasil dari pengamatan rukyatul hilal akan dilaporkan ke Kemenag RI, sebagai bahan sidang isbat atau sidang awal penentuan bulan Ramadan.

Untuk diketahui Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

Sedangkan Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi).

Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Rukyat dilakukan setelah Matahari terbenam.

Pos terkait