Berita  

Tahapan Pilkades di Kabupaten Kolaka Akan Segera Dimulai

Tahapan Pilkades di Kabupaten Kolaka Akan Segera Dimulai
Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kolaka. (Dok: Timurterkini.com).

Kolaka, Timurterkini.com – Tahapan Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), akan segera dimulai.

Tahapan yang nantinya dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (D-PMD) Kolaka, berdasarkan surat Kemendagri Nomor:100.3.5.5/244/SJ.

Berdasarkan itu setelah berkoordinasi Bupati Kolaka, H.Ahmad Safei, Dinas DPMD mengeluarkan surat perintah pembentukan Panitia Pilkades.

Sekretaris Dinas PMD, Rahmat Hidayat, kepada laman ini mengatakan sebanyak 24 Desa bakal melaksanakan Pilkades serentak gelombang 2 di Kabupaten Kolaka.

Pasalnya, surat Kemendagri tersebut bersifat segera dalam hal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa pada masa Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Insya Allah kita tetap mengacu pada regulasi yang ada, maka tahapan Bimbingan tekhnis panitia Pilkades dari 24 Desa akan kita gelar pada Rabu 25 Januari 2023,” kata Rahmat via WhatsApp, Sabtu (21/01/2023).

Senada itu diungkapkan Kabid PMD Kolaka, Genardi, mengatakan bahwa berdasarkan tahapan yang telah mulai dilaksanakan, maka dapat dipastikan pelaksanaan Pilkades berlangsung Bulan Mei 2023.

“Pelaksanaan Pilkades di Bulan Mei 2023 mendatang, itu berdasarkan tahapannya,” terangnya.

Dirinya mengungkapkan, dari 24 Desa yang melaksanakan Pilkades telah terbentuk kepanitiaanya karena pekan depan akan dilakukan Bimtek.

“Untuk Panitianya semua sudah terbentuk, sebab pekan depan Bimtek akan kita gelar bertempat di ruang Rapat Kantor Dinas PMD Kolaka,” sambungnya.