Berita  

Program MBKM, USN Kolaka Kerjasama BPN Kolaka

Kepala kanwil BPN Sulawesi Tenggara (Sultra) Asep Heri memberikan kuliah umum di USN Kolaka.

Kolaka, Timurterkini.comUniversitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bekerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Kolaka.

Pembukaan kegiatan MBKM tersebut dilaksanakan di Auditorium USN Kolaka pada, jumat (23/02/24).

Dalam sambutannya Rektot USN Kolaka, Nur Ihsan menyampaikan kedepannya tim dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kolaka akan memberikan pelatihan sebagai bekal Mahasiswa terjejun ke masyarakat untuk menjalankan tugas.

“Alhamdulillah berkat kerjasama BPN dengan USN Kolaka ini sangat membantu kami dalam menjalankan kurikulum merdeka belajar”. Ujarnya.

“Selama 6 bulan mahasiswa dengan jumlah 182 orang ini mungkin tidak terlalu membebani kami lagi di USN, tapi di sisi lain mereka menerima manfaatnya berkontribusi kepada masyarakat” ungkapnya.

Nur Ihsan berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti program MBKM tersebut agar mengikuti semaksimal mungkin sehingga kesempatan tersebut bisa dilaksanakan sebaik-baiknya dibawah arahan BPN.

Sementara Kepala kanwil BPN Sulawesi Tenggara (Sultra) Asep Heri mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama untuk tingkat kabupaten se-indonesia.

“Ini merupakan implementasi dari instruksi presiden nomor 2 tahun 2018 tentang percepatan pendaftaran tanah dalam rangka mewujudkan indonesia lengkap seluruh bidang tanah terukur terpetakan”, uacapnya.

Asep Heri merasa bangga bisa berkolaborasi antara BPN dengan pemerintah daerah termasuk pelaku usaha yang memberikan CSR-nya dalam rangka percepatan pendaftaran tanah.

“Sebetulnya di Kolaka ini masih ada tiga puluh ribu bidang tanah yang belum bersertifikat, tentunya ada anggaran, tetapi APBN dan APBD masih mempunyai keterbatasan, oleh karena itu kami menggandeng perusahaan yang ada di Kolaka untuk mensuport, berkolaborasi menanggung biaya untuk tiga puluh ribu yang belum bersertifikat” ucapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Perusahaan pertambangan yang ada di Kolaka dan dirangkaikan dengan Kuliah umum implementasi program merdeka belajar.