Peletakan Batu Pertama Peningkatan Kualitas Pemukiman Kumuh Perkotaan Oleh Bupati Kolaka

  • Bagikan
Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei. Dok: Istimewa

Kolaka, Timurterkini.com – Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, S.H.,M.H meletakkan batu pertama peningkatan kualitas pemukiman kumuh perkotaan kawasan Kolakasi- Sea tahap II yang dilaksanakan di Puncak Kayangan Kelurahan Sea Kecamatan Latambaga, Rabu (23/6/2021).

Turut hadir pada acara ini Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, SE., ME, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa, S.I.K., M.Si, Wakil Ketua DPRD Kolaka, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra Alkimran Abdullah, ST.MPWK, Kasdim Kolaka, Para Asisten, Kepala OPD, BUMD, tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kadis Perumahan dan Pemukiman Ir. H. Abbas, M.M menyampaikan ucapan syukur kepada semua pihak.

“Yang mana kita kembali mendapatkan anggaran 26 milyar hingga total anggaran tahap I dan II sebesar kurang lebih 50 milyar untuk program kotaku”, kata H. Abbas.

Baca Juga :  Hasan Asal Kolut Yang Hilang Saat Melaut Ditemukan Meninggal Dunia

Peletakan batu pertama program kotaku skala kawasan tahap ke II ini dengan kriteria karena Kab. Kolaka satu satunya dari 44 Kab/Kota Se Indonesia yang menjadi pilot project yang mengkolaborasikan program peningkatan kualitas pemukiman kumuh perkotaan (Kotaku) dengan mitigasi bencana mengurangi resiko/dampak dari kemungkinan terjadinya bencana.

Lokasi Puncak Indah Kayangan yang berada di ketinggian 90 M dengan daya tampung sebanyak 1800 orang ini dilengkapi berbagai fasilitas, tentu hal ini juga menjadi objek wisata yang terletak di jantung Kota Kolaka.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra Alkimran Badullah, ST. MPWK menyampaikan, Program kotaku ini merupakan salah satu strategi Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR untuk mempercepat penanganan pemukiman kumuh di Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan infrastruktur serta pelayanan dasar di pemukiman kumuh perkotaan hingga terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Dengan peletakan batu pertama tahap ke II
peningkatan kualitas permukiman kumuh perkotaan kawasan Kolaka yang bertema “Kawasan Kolakasi- Sea, WONUA WIWITAHI” yang mana makna wonua wiwitahi mekongga tolaki adalah kawasan yang terletak di Pesisir Pantai, dimaknai wilayah tersebut selalu menampakkan panorama yang indah, lingkungan yang sehat, aman dan nyaman.

Pada kesempatan ini juga, Bupati Kolaka berharap dengan peletakan batu pertama ini nantinya bangunan yang akan di bangun ini agar dipelihara dengan baik dan digunakan sesuai dengan peruntukannya.




  • Bagikan