Berita  

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN USN Kolaka Bersama Pemerintah Desa Lalonggolosua Tanam Mangrove

Timurterkini.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka bersama Pemerintah Desa Lalonggolosua melaksanakan penanaman mangrove di Pantai Lalong Desa Lalonggolosua, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka, pada Sabtu (02/10/2021).

Hal ini merupakan bentuk kepedulian lingkungan Mahasiswa KKN Tematik USN Kolaka terhadap daerah pesisir untuk mencegah abrasi dan kawasan tersebut juga merupakan ekowisata hutan mangrove sebagai objek wisata Desa Lalonggolosua.

Nelayan setempat, Endang mengungkapkan kegembiraannya dengan diadakannya kegiatan penanaman mangrove karena dapat meminimalisir terjadinya abrasi di pesisir pantai Desa Lalonggolosua.

“Di daerah ini intensitas posisi tanahnya lumayan turun jadi, dengan adanya  penanaman mangrove saya menjadi tenang,” Ungkapnya.

Koordinator KKN Tematik USN Kolaka Desa Lalonggolosua, Rahmat mengatakan, kegiatan penanaman bibit mangrove ini sebagai upaya menjaga dan melestarikan alam serta mencegah abrasi yang terjadi akibat air laut karena mangrove dipercaya bisa memecah gelombang dan melindungi daratan dari derasnya hempasan air laut.

Bahkan, untuk jangka panjang mangrove tersebut dapat menambah keindahan wisata mangrove yang telah dikembangkan Pemerintah Desa.

“Mangrove yang sudah ditanam nantinya akan menambah keindahan wisata magrove yang telah dikembangkan pemerintah Desa Lalonggolosua,” katanya.

Di samping itu, ia juga berharap agar masyarakat makin sadar untuk menjaga dan mencegah kerusakan lingkungan, terutama di daerah pesisir. Mengingat dampak kerusakan lingkungan yang dirasakan di berbagai daerah.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat makin sadar untuk menjaga dan mencegah kerusakan lingkungan terutama pada kawasan pesisir. Karena sudah banyak dampak dari kerusakan lingkungan yang dirasakan di Kabupaten Kolaka akibat aktivitas tambang,” pungkasnya.