Menanti Pilkada 2024 di Mamasa, Siapa Penerus Ramlan Badawi, Ismiwati atau Munandar?

Menanti Pilkada 2024 di Mamasa, Siapa Penerus Ramlan Badawi, Ismiwati atau Munandar?
Ilustrasi infografis poling. Dok: Telisik.

Menanti Pilkada 2024 di Mamasa, Siapa Penerus Ramlan Badawi, Ismiwati atau Munandar?

Mamasa, Timurterkini.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Mamasa pada pemilu tahun 2024 akan datang, diperidiksi berlangsung seru.

Bagai mana tidak, pada pemilu 2024 mendatang, tak diikuti calon Bupati Incumbent (Petahana).

Bupati Mamasa saat ini, H.Ramlan Badawi dan Wakilnya Marthinus Tiranda, bakal berakhir masa Jabatannya pada Bulan September 2023 mendatang.

Dengan begitu, maka dapat dipastikan kontestan politik yang berlangsung pada 2024 nantinya di Mamasa bakal seru setelah H. Ramlan Badawi tak lagi bisa mencalonkan diri usai jabatannya habis menjadi Bupati 2 setengah periode.

Namun begitu, pasangan atau wakil Ramlan Badawi, Marthinus Tiranda di Pilkada 2018 lalu, dikabarkan bakal tampil pada Pilkada 2024 mendatang.

Kendati demikian, kabar yang beredar itu belum terkonfirmasi jelas.

Berbicara tentang Pilkada di Kabupaten Mamasa mendatang, H.Ramlan Badawi tentu tak tinggal diam, pasalnya, Bupati 2 periode setengah ini memiliki Dua anak generasi politik di keluarganya.

Ismiwati Ramlan misalnya, saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat, periode 2019-2024 dari partai Nasdem, juga dikabarkan bakal meramaikan Kontestan Pilkada di Mamasa.

Selain itu, Munandar Wijaya Ramlan, putra Ramlan Badawi akhir-akhir ini juga diperbincangkan ditengah kalangan masyarakat.

Munandar Wijaya yang saat ini menjabat Ketua Bappilu Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Barat, juga memiliki peluang mencalonkan diri di Pilkada Mamasa.

Menanggapi isu salah satu dari 2 anaknya bakal maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mamasa, H.Ramlan Badawi menyerahkan sepenuhnya ke hasil survei.

“Semuanya tergantung Survei, survei menentukan, karena konstelasi politik harmonisasi harus terjadi di Daerah ini,” kata Ramlan Badawi pada Timurterkini.com di Rujab Bupati Mamasa, Rabu 09 November 2022.

Namun pastinya, kata Ramlan, pergantian kepemimpinan nantinya (Bupati dan Wakil Bupati Red) di Kabupaten Mamasa tentu diharapkan jauh lebih baik dari saat ini.

Dirinya berharap, memasuki Kontestan politik pada 2024 mendatang, agar generasi terbaik dari yang terbaik mempersiapkan diri.

“Siapa saja yang terbaik diantara yang baik, itu yang akan terpilih, yang penting aman, bersaing secara sehat supaya hasilnya juga sehat,” ungkapnya.

Sementara itu, dirinya memastikan bakal maju sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI).