Libatkan Swasta, Proyek Kereta Api Makassar-Parepare Berlanjut

  • Bagikan
Ilustrasi (Dok. Wikipedia)

Jakarta, Timurterkini.com – Proyek pembangunan kereta api pertama di Makassar, Sulawesi Selatan, masih berlanjut. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Proyek Perkeretaapian Umum Makassar-Parepare yang dilakukan antara PT Celebes Railway Indonesia (PT CRI) dengan PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF), PT Sarana Multi Infrastruktur/SMI (Persero) dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Kamis (3/6/2021).

BSI menyalurkan pembiayaan sindikasi dalam proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Kereta Api Makassar-Parepare senilai Rp 693,83 miliar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang turut hadir dalam acara penandatanganan itu mengatakan bahwa proyek ini menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Ini adalah proyek kereta api pertama yang menggunakan skema ini.

“Ini adalah contoh keberhasilan kita membangun proyek kereta api yang pertama kalinya dibangun oleh swasta, karena selama ini pemerintah yang membangun dengan APBN,” kata Budi dalam keterangan resmi, Kamis (4/6/2021).

Dalam pelaksanaan proyek KPBU Kereta Api Makassar-Parepare ini, Kementerian Perhubungan mendapatkan dukungan dari Kementerian Keuangan melalui fasilitas Project Development Facility (PDF), di mana PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) ditugaskan sebagai pelaksana fasilitas.

  • Bagikan