Kuota Kartu Pra Kerja Untuk Provinsi Sultra 37.320 Orang

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Kendari, Timurterkini.com – Pendaftaran Kartu Pra Kerja telah dibuka sejak 11 April 2020 lalu. Kuota untuk Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah 37.320 orang.

Untuk mendaftar anda bisa mengakses laman prakerja.go.id. Nantinya, Anda dapat memperoleh insentif Rp 3,5 juta, pelatihan, hingga sertifikat pelatihan.

Kepala Bidang Pembinaan Industri dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) Sultra, Muhammad Amir Taslim menjelaskan, selain untuk masyarakat umum yang tidak memiliki pekerjaan, Kartu Prakerja juga diperuntukan untuk pekerja yang terkena dampak Covid-19, yang terpaksa dirumahkan atau bahkan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Dan data dari hasil koordinasi kami dengan teman-teman di daerah, sudah banyak pekerja yang dirumahkan yang mendaftar kartu prakerja ini. Tapi saya belum dapat angka pastinya, tapi sampai hari ini sudah banyak yang mendaftar,” ucap Muhammad Amir Taslim, seperti dikutip dari Zonasultra.com, Senin (13/4/2020).

Untuk tahap awal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra mendapatkan kuota peserta Kartu Prakerja sebanyak 37.320 orang. Proses pendaftaran tahap pertama pun, hanya berlangsung hingga Kamis 16 April 2020.

Peserta yang lolos dan diterima pada tahap awal akan diumumkan, Jumat 17 April 2020 dan akan langsung mengikuti pelatihan secara online. Sementara bagi peserta yang tak lolos tahap awal, bisa mendaftarkan dirinya di tahap kedua, dan seterusnya tanpa harus membuat akun baru di laman resmi Kartu Prakerja.

“Jadi mereka akan dapatkan itu, pertama pelatihan, kedua insentif. Biaya peserta per orang yang disiapkan pemerintah itu sebesar Rp3,5 juta. Nah Rp1 juta dari Rp3,5 juta itu untuk biaya pelatihan, mereka juga terima insentif Rp600 ribu per orang, yang diterima setiap bulan selama 6 bulan,” terangnya.

  • Bagikan