Instruksi Bupati Mamasa Agar Menanam Tanaman Pangan Untuk Mengantisipasi Dampak Jangka Panjang Covid-19

  • Bagikan
H.Ramlan Badawi Dalam rapat terbatas yang diselenggarakan bersama Forkopimda Kabupaten Mamasa bersama sejumlah pejabat terkait, Senin 20 April 2020, Foto: Istimewa

Mamasa, Timurterkini.com – Pemerintah Kabupaten Mamasa, Mengantisipasi perkiraan dampak kekurangan pangan jika wabah Virus Corona berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Dalam rapat terbatas yang diselenggarakan bersama Forkopimda Kabupaten Mamasa bersama sejumlah pejabat terkait, Senin 20 April 2020.

Pernyataan Bupati Mamasa tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Instruksi Bupati Mamasa tertanggal hari ini, senin 20/04/2020 dengan Nomor 590/186/set/IV/2020. Dimana isi instruksi tersebut memuat himbauan menggalakkan menanam tanaman pangan yang ditujukan kepada para camat, para kepala desa/lurah, penyuluh pertanian untuk selanjutnya diteruskan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mamasa.

Dalam instruksi tersebut juga ditekankan agar para penyuluh di desa/kelurahan membantu kepala desa untuk mendampingi masyarakat dalam bercocok tanan agar hasilnya maksimal.

Bupati Mamasa, H.Ramlan Badawi, mengistruksikan, kepada jajaranya untuk menyosialisasikan ke seluruh masyarakat Kabupaten Mamasa untuk menggalakkan menanam tanaman pangan.

Tanaman pangan yang dimaksud adalah padi, jagung, ubi kayu, keladi, kacang tana, kacang hijau, kedelai, sayur-sayuran dan tanaman obat.“ kata Bupati Mamasa.

Ramlan, saya berharap masyarakat Mamasa mau bertpartisipasi dengan menanam tanaman pangan di kebun, di lahan kosong, dan di halaman rumah.

“Berharap bagi para pemilik lahan yang luas agar mau meminjamkan tanahnya sebagian digarap oleh orang yang mau menanam tanaman pangan tapi tidak memiliki lahan, jika pemilik tidak menggarapnya, hal ini penting untuk mempertahankan bahan pangan jika kemungkinan terjadi paceklik apabila pandemi Virus Corona berlangsung lama.” lanjut Ramlan.

Tak kala penting lainnya, adalah para Camat diwajibkan untuk melaporkan kegiatan warganya dalam menggalakkan tanam tanaman pangan tersebut kepada Bupati Mamasa melalui Sekda pada setiap hari jumat.

“Disampaikan dalan instruksi tersebut, adalah bahwa masyarakat dalam menjalankan kegiatannya terus memerhatikan dan wajib terus melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19, sebagaimana dianjurkan pemerintah dari setiap tingkatan, mari kita prioritaskan kesehatan tetapi harus terus berproduksi dari rumah,” tegas Ramlan.

(Hkm)

  • Bagikan