Hindari Penolakan, Nurdin Abdullah Sediakan Makam Khusus Jenazah Covid-19

  • Bagikan
Foto: Istimewa

Makassar, Timurterkini.com – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah menyediakan makam khusus untuk jenazah korban positif Corona (COVID-19) dan PDP Corona. Hal ini untuk menghindari penolakan pemakaman korban Corona di TPU oleh warga.

“Sosialisasikan semua SOP terhadap jenazah yang dari COVID-19. Tentu memang kita butuh sebuah lahan yang khusus karena kita takutnya ada provokator,” ujar Nurdin dalam keterangannya di Makassar, Rabu (1/4/2020).

Penyediaan makam khusus bagi jenazah korban COVID-19 ini diputuskan Nurdin setelah rapat bersama Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan Corona di Sulsel.


“Hari ini kita sudah putuskan bersama Bapak Panglima (Pangdam Hasanuddin Andi Sumangerukka), satu perkuburan khusus dan itu tidak ada masyarakat di sekitarnya. Jadi nanti kita akan bagi dua, Nasrani dengan Islam,” katanya.

Dilansir detik.com, Nurdin berharap, dengan adanya makam khusus jenazah korban COVID-19 ini, tidak ada lagi penolakan oleh warga, seperti yang terjadi beberapa hari lalu.

Sementara itu, terkait terus meningkatnya jumlah positif Corona di Sulsel, Nurdin mengatakan pihaknya masih memilih opsi isolasi per wilayah ketimbang me-lockdown wilayah Sulsel. Keputusan lockdown diserahkan ke pemerintah pusat.

“Kita isolasi mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan. Itu memang kita harus kita lakukan, karena kan sekarang ini kita udah petakan, episentrum penyebaran di mana oleh Bapak Panglima sudah memetakan semua itu,” imbuhnya.

Selain itu, wilayah yang diisolasi juga akan mendapat bantuan logistik.

“Sekarang kita secara sinergis turun semua, para donatur juga turun, kita sudah sampaikan daerah-daerah yang perlu kita suplai logistik,” paparnya.

  • Bagikan