Diresmikan Bulan ini, Bendungan Ladongi Kolaka Timur Diisi Air

  • Bagikan
Bendungan Ladongi yang sedang dalam tahap pengerjaan Tahun 2020 lalu. (Sumber: kolakatimurkab.go.id)

Timurterkini.comBendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), tengah dilakukan impounding atau pengisian air awal sejak akhir September lalu.

Sementara konstruksinya sampai saat ini dalam finishing.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWS) IV Kendari Agus Safari mengatakan, bendungan tersebut memiliki kapasitas tampung 45,945 juta meter kubik.

Fungsi utama bendungan ini untuk memenuhi kebutuhan irigasi masyarakat sekitar Daerah Irigasi (DI) Ladongi yang merupakan daerah irigasi premium dengan luas layanan 3.604 hektar.

Manfaat lainnya yang akan dirasakan masyarakat dari Bendungan Ladongi di antaranya dapat memenuhi kebutuhan air baku sebanyak 120 liter per detik dan memiliki potensi pembangkit energi listrik 1,3 megawatt.

Bendungan yang dibangun sejak 2016 ini, progresnya telah mencapai 98 persen. Saat ini tengah difokuskan pada tahap finishing.

“Penyelesaian crest dam dan bangunan fasilitas bendungan,” katanya dikutip dari laman Ditjen SDA Kementerian PUPR, Minggu (10/10).

Agus menyampaikan, selama proses penggenangan ini, BWS Sulawesi IV Kendari telah menyiapkan sistem pengairan. Sehingga para petani tetap dapat melaksanakan kegiatan tanam.

“Meskipun dalam masa transisi pola tanam akan mengalami sedikit perubahan,” imbuhnya. Sementara itu, Humas BWS Sulawesi IV Kendari Rahmat Sanusi menambahkan. peresmian Bendungan Ladongi rencananya dilakukan pada akhir Oktober 2021.

  • Bagikan