Berita  

Di Mateng Ada Nama Jalan Prof. Dr. Lafran Pane

Timurterkini.com / Ancha. Jalan Prof Dr Lafran Pane.

Di Mateng Ada Nama Jalan Prof. Dr. Lafran Pane

Mateng, Timurterkini.com – Salah satu jalan di Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), diresmikan sebagai jalan, Prof. Dr Lafran Pane.

Peresmian nama jalan itu sebagai salah satu rangkaian acara puncak HUT ke 56 HMI yang berpusat di kabupaten berjuluk Lalla Tassisara itu, pada Sabtu, 17 September 2022 beberapa hari lalu.

Pantauan laman ini melihat, nampak jelas papan nama yang bertuliskan Prof. Dr. Lafran Pane terpajang rapi dijalan tersebut, Senin, 19 September 2022 pagi tadi.

Adapun titik nol jalan tersebut yakni dari tuguh Kota Terpadu Mandiri (KTM), Tobadak, hingga ke jalan poros Kondosapata Desa Tobadak, Kecamatan Tobadak.

Panjang jalan itu diperkirakan laman ini kurang lebih satu kilo meter.

Penobatan nama jalan itu sebagai salah satu simbol bahwa Mamuju Tengah, terkhusus HMI tak melupakan sosok dari salah satu pendiri HMI itu.

Sebagaimana diketahui Lafran Pane merupakan salah satu pejuang organisasi HMI beberapa tahun silam.

Olehnya itu, pengurus HMI Sulbar terkhusus Mateng menamai jalan tersebut sebagai jalan Prof. Dr. Lafran Pane.

Peresmuan itu dilakukan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Mateng H. Askary Anwar bersama Ketua DPRD mateng  H. Arsal Aras, Minggu, 18 September kemarin.

Hal itu mendapat respon dari Ketua Transisi Risno Hamal.

Risno katakan, itu adalah sejarah bagi kader hijau hitam.

“Kita harus mewariskan nilai-nilai jiwa dan semangat yang dimiliki pahlawan Nasional Lafran Pane, agar menjadi inspirasi dan memotivasi kita untuk melanjutkan apa yang telah diperjuangkan oleh beliau, yakni melepaskan bangsa ini dari belenggu kemiskinan, kebodohan, ketertinggalan, ketidakadilan dan sebagainya,” Ungkap Ketua Transisi itu.

Dikatakan, siapa yang tidak kenal dengan Prof Lafran Pane Pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang merupakan salah satu organisasi tertua di indonesia dan beliau adalah tokoh nasional.

“Beliau terlibat langsung dalam memperjuangkan kemerdekaan republik indonesia kala itu,” tuturnya.

Aktivis muda itu mengatakan, untuk mengenang jasa-jasanya maka pemerintah Mamuju Tengah meresmikan nama jalan Prof Lafran Pane menurutnya ini penting untuk di apresiasi.

“Di ibukota Mamuju tengah sudah ada beberapa nama lalan dari tokoh dan pahlawan okal seperti Tammauni pue Ballung dan lainnya,” turut Risno.

Olehnya itu kata dia, dengan adanya nama jalan Lafran Pane ini menambah deretan nama nama pahlawan Nasional lainnya  yang sudah lebih dulu ada

Disebutnya, dengan adanya Nama Jalan Lafran Pane ini menambah Deretan Nama nama pahlawan Nasional lainnya  yang sudah lebih dulu ada.

“Ini mempermudah bagi masyarakat yang berada di jalan tersebut untuk mempermudah megakses tempat tinggal mereka,” tukasnya.

Laporan Reporter Timurterkini.com / Ancha