Berita  

CCQ Asal Mamasa Berhak Wakili Sulbar Ketingkat Nasional

CCQ Asal Mamasa Berhak Wakili Sulbar Ketingkat Nasional
Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ) ke IX yang diselenggarakan Provinsi Sulawesi Barat cabang Fahmil Qur'an atau lombah di Kabupaten Majene, membawa berkah buat Kabupaten Mamasa. Dok : Ist.

Mamasa, Timurterkini.com – Raih juara Satu tingkat Provinsi Cerdas Cermat Al-Qur’an (CCQ) Kategori Putra. Peserta asal Kabupaten Mamasa melenggang  ke MTQ tingkat Nasional.

Musabaqah Tilawatil Qur’an ( MTQ) ke IX yang diselenggarakan Provinsi Sulawesi Barat cabang Fahmil Qur’an atau lombah di Kabupaten Majene, membawa berkah buat Kabupaten Mamasa.

Sebab peserta utusan Mamasa bisa mengalahkan tuan Rumah Kabupaten Majene dan kabupaten Polewali Mandar.

Perolehan Poin yang di raih Peserta Mamasa sebanyak 950 poin. Disusul peserta Majene dengan perolehan poin 675. Sementara di urutan ke tiga di raih oleh Polewali Mandar dengan nilai yang  550 poin.

Diwakili  atas nama Muh. Riski Fauzi Pratama, Taufik dan Muhammad Nurfajrin dengan kode FQ tampak grogi di awal-awal Lomba.

Di buktikan dengan perolehan poin pada pertanyaan sesi paket regu, kabupaten Mamasa hanya mendapatkan 700 nilai. Kabupaten Majene dengan perolehan nilai sebanyak 775. Sedangkan Polewali Mandar lebih ungunggul dengan nilai  sebanyak 800.

Memasuki Pertanyaan Lontaran Peserta Asal Mamasa hanya bisa mendapatkan nilai 50. Polewali Mandar kembali unggul dengan porolehan nilai 100 sementar peserta Majene, mereka mencoba bermain aman, tanpa memberikan jawaban. 

Pada sesi pertanyaan rebutan peserta Mamasa melakukan serangan balik dan berhasil memanfaatkan sejumlah pertanyaan dengan jawaban yang tepat untuk menambah pundi pundi nilai.

Sementara Tim Kabupaten Majene  pada sesi pertanyaan rebutan mereka mendapat pinalti akibat memberikan jawaban yang tidak tepat sehingga  pengurangan nilai.

Begitu pula peserta Tim Polewali Mandar berkali-kali melakukan kesalahan sehingga nilai mereka berkurang yang pada akhirnya kemenangan di depan mata pupus. 

Official Tim MTQ Kabupaten Mamasa Samsu Marlin yang menyaksikan lomba CCQ tersebut menyampaikan terima kasih atas ikhtiar yang telah ditampilkan para peserta MTQ asal Mamasa khususnya para peserta MTQ putra 

“Alhamdulillah Kami sangat bangga, karena Barusan MTQ tingkat Provinsi Sulbar tahun ini, kab Mamasa bisa Lolos Ke MTQ Nasional,” Ujar Samsu marlin di Majene Selasa 21 Juni 2022.

Sebelumnya Peserta MTQ asal Mamasa selalu di posisi kedua dari Polewali Mamasa. Keberhasilan semua ini berkat doa dan dukungan baik pemerintah maupun masyarakat Mamasa.

Ia berharap peserta CCQ asal Mamasa dapat mewakili Sulbar yang dilaksanakan di (Banjarmasin Kalimantan) bulan Oktober tahun 2022 mendatang.

Dirinya meminta agar para peserta terus mengasah dan mengembangkan dirinya, tidak boleh takabbur apalagi mau mewakili Sulbar.

“Kami selalu memotivasi peserta,  untuk tetap Jaga kesehatan, mental, penguasaan materi, sehingga bukan hanya kecerdasan yang utama tapi kecermatan melihat setiap peluang disetiap babak. Agar mereka dapat tampil maksimal pada ajang MTQ tingkat Nasional Mendatang,” ungkapnya.