Berita  

Camat Maritengngae Harap MTS Kecamatan Hasilkan Rekomendasi Terbaik ke Tingkat Kabupaten Sidrap

Camat Maritengngae Harap MTS Kecamatan Hasilkan Rekomendasi Terbaik ke Tingkat Kabupaten Sidrap
Wawancara Camat Maritengngae, Mustari Kadir dihadapan sejumlah awak media. (Dok: Wawan/Timurterkini.com).

Sidrap, Timurterkini.com – Hari kelima pelaksanakan Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) Terpadu tingkat Kecamatan di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, berlangsung di Kecamatan Maritengngae, Jum’at (20/01/2023).

Kegiatan yang berlangsung dan diikuti Pallontara, pengamat hama, BPP, PPK, ketua gapoktan, kelompok tani, penyuluh, kepala Desa/Lurah, distributor, petugas irigasi, serta sejumlah mahasiswa magang Fakultas Pertanian Unhas.

Seperti di beberapa kecamatan sebelumnya, MTS membahas berbagai persoalan pertanian, diantaranya jadwal dan pola tanam, perubahan iklim, hama, jaringan irigasi, jenis varietas yang akan digunakan, permasalahan pupuk maupun dosis pemupukan yang tepat serta permasalahan pertanian lainnya.

Melalui MTS ini, para peserta memanfaatkan moment sebagai ajang pendapat, pengetahuan dan pengalaman dalam rangka meningkatkan produksi mutu dan pendapatan petani dari setiap sub sektor, sehingga dapat menyepakati suatu keputusan yaitu jadwal kegiatan yang mantap dan dapat terkendali dari masing-masing sub sektor.

Camat Maritengngae, Mustari Kadir, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan sebelum turun sawah

Musyawarah Tudang Sipulung, kata dia, dilakukan di tingkat Kecamatan kemudian hasil rumusan dilanjutkan pada musyawarah Tudang Sipulung tingkat Kabupaten.

Ia pun berharap, hasil MTS di tingkat Kecamatan ini dapat menghasilkan kesepakatan yang baik dan tepat untuk direkomendasi pada MTS tingkat Kabupaten.

“Tujuannya merumuskan untuk memperoleh kesepakatan antara pelaku usaha tani dan Pemerintah sehingga dapat memberikan hasil rumusan yang bermanfaat dan berguna dalam peningkatan produksi guna meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan petani sebagai tujuan cita-cita bersama,” kata Mustari Kadir dihadapan wartawan Timurterkini.com.