Berita  

“Antong Timbang Tidak diperiksa Kejati Sultra, Melainkan Sedang Berada di Bali”

Timurterkini.com – Sebelumya Timurterkini.com telah memuat Artikel berjudul “AT Diperiksa di Kejati Sultra Soal Dugaan Pajak” sebagaimana telah diubah “Terkait AT Diperiksa di Kejati Sultra, Kasubsi Humas Kejati Sultra: Belum Mendapatkan Informasi“, dirilis pada 2 Oktober 2021 lalu.

Pada Artikel tersebut wartawan Timurterkini.com mendapatkan informasi dari narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya bahwa Anton Timbang (AT) tengah diperiksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra atas dugaan pajak pengapalan PT. Masempo Dalle (MD).

Redaksi Timurterkini.com telah menghubungi AT pada, sabtu (11/12/2021) terkait kebenaran pemeriksaan di Kejati Sultra tersebut namun belum ada tanggapan.

Menurut AT dalam aduannya yang kami terima pada saat berita ditulis dan tanggal kejadian beliau sedang memimpin rombongan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sultra berkunjung ke Bali.

Berdasarkan hal tersebut, pada saat tanggal kejadian AT sedang Berada di Bali memimpin rombongan KADIN Sultra, tidak sedang diperiksa Kejati Sultra sebagaimana dikatakan narasumber tersebut.

Pada saat Artikel ditayangkan wartawan timurterkini.com tidak mengkonfirmasi kepada AT, Wartawan hanya meminta konfirmasi pihak Kuasa Hukum AT, Abdul Rahman.

Kuasa Hukum AT, Abdul Rahman pada saat Artikel tersebut dirilis belum menanggapi hal tersebut. Ia hanya menjawab bahwa Ia masih sebagai Kuasa Hukum AT

“Masih,” katanya.

Terkait persoalan tersebut ia mengarahkan untuk mengkonfirmasi di Kejati Sultra.

“Terkait pemeriksaan di kejaksaan mungkn bisa konfirmasi ke Humas Kejati Sultra, Saya tidak ada info,” tutupnya.

Sementara dari sumber Kejati Sultra, wartawan Timurterkini.com mengkonfirmasi kepada Kasubsi Humas Kejati Sultra, Yudi.

Pada saat Artikel rilis Kasubsi Humas Kejati Sultra Yudi mengatakan, Ia belum mendapatkan info terkait persoalan tersebut.

“Blum dapat info ini, Coba nanti saya tanya-tanya ke dalam,” katanya.

Catatan redaksi:

Artikel ini adalah koreksi terhadapl artikel berita dengan judul “Terkait AT Diperiksa di Kejati Sultra, Kasubsi Humas Kejati Sultra: Belum Mendapatkan Informasi” dirilis pada 2 Oktober 2021.

Dalam artikel yang dipermasalahkan, wartawan Timurterkini.com sudah berupaya untuk melakukan konfirmasi ke pihak Anton Timbang dan sejumlah pihak terkait, yang dianggap dapat memberikan penjelasan mengenai informasi tersebut. Wartawan Timurterkini.com Tidak mengkonfirmasi langsung Kepada Anton Timbang karena sulit untuk dihubungi.

Namun, setelah dilakukan pengujian, Dewan Pers menilai berpotensi melanggar Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Dalam risalahnya Dewan Pers menilai Berita tersebut tidak akurat, tidak uji informasi, tidak berimbang dan beropini menghakimi.” (pasal 1 & 3 KEJ); serta tidak mematuhi Pedoman Pemberitaan Media Siber terkait verifikasi dan keberimbangan berita.

Dengan demikian kesalahan telah kami perbaiki. Kami Timurterkini.com mohon maaf Kepada Anton Timbang dan Pembaca atas kekeliruan tersebut dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Terima kasih. (red).