Berita  

2 Sisi Pandangan Berbeda Terkait Latto-latto Permainan Jadul Kembali Banyak Digemari

2 Sisi Pandangan Berbeda Terkait Latto-latto Permainan Jadul Kembali Banyak Digemari
2 orang anak dengan asyik bermain latto-latto. (Dok: Rahman/Timurterkini.com).

Kolaka, Timurterkini.com – Latto-latto salah satu permainan tradisional jaman dulu yang saat ini kembali digemari anak-anak.

Bahkan, latto-latto belakangan ini kembali viral dimainkan, peminatnya tak hanya berlaku bagi anak usia dini, namun orang dewasapun sekalian.

Dengan suaranya yang khas dan unik, tak sedikit disukai bagi peminatnya meski sebagian orang menganggap mengganggu dengan kebisingannya.

Bermain latto-latto juga dianggap meresahkan oleh sebagai orang lantaran bunyi ketukan dua bola terikat diadu dengan cara mengayungkan tangan.

Suara latto-latto ini sering kali terdengar di rumah-rumah warga maupun, di tempat umum atau bahkan di sekolah.

Peminatnya yang di domain anak-anak dianggap berbahaya oleh sebagian orang tua Siswa (i) di Kolaka, Sultra. Pasalnya, jika ikatan kedua bola plastik itu lepas, tak menutup kemungkinan dapat melukai pemainnya.

“Permainan latto-latto itu selain meresahkan, juga berbahaya bagi penggunanya, bagaimana tidak, jika ikatannya lepas dapat saja mengenai pemainnya,” tutur Hamdan salah satu orang tua Siswi kepada wartawan Timurterkini.com, Sabtu (21/01/2023).

Meski sebagian orang menganggap permainan jadul ini mengganggu dan meresahkan, tak sedikit juga para orang tua mengizinkan anaknya untuk bermain latto-latto.

Eni misalnya, salah satu orang tua anak di Taman Kanak-kanak (TK), melihat permainan tradisional ini memiliki kesan positif bagi anaknya.

Menurutnya, bermain latto-latto membuat anaknya tak lagi berhadapan dengan Gadget (Handphone).

“Sejak anak saya bermain latto-latto, hampir anak saya dalam sehari tidak bermain Handphone, tentu itu bagus jika bisa terhindar dengan Hp di usia dini,” terang Eni.

Namun demikian, dirinya tak menampik bahwa latto-latto memiliki dampak yang bisa dianggap berbahaya jika ikatannya lepas.

“Latto-latto memang ada bahayanya jika ikatan lepas, nah itu bagaimana cara kita mengawasi anak bermain, dan yang utama periksa dan memastikan ikatannya kuat biar tidak lepas,” tuturnya.